Catatan Sukses Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Jakarta - Rasanya baru kemarin gegap gempita Pembukaan Asian Games 2018 berlangsung namun kini sudah lagi berakhir. Berbagai hal menarik selama penyelenggaraan Asian Games 2018 pun masih hangat dibicarakan di mana-mana.

Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 disebut-sebut sukses menjamu para atlet dan delegasi dari negara-negara lain. Pencapaian ini menjadi momentum bersejarah bagi Indonesia.

Ada sejumlah catatan membanggakan bagi Indonesia selain perolehan medali yang mencatat sejarah baru meraih 98 medali. Namun juga berbagai hal unik lainnya yang sayang untuk tidak diketahui publik luas.

Sejumlah catatan dan pencapaian ini disampaikan Erick Thohir selaku ketua pelaksana Asian Games. Mulai dari lagu theme song Asian Games 2018 'Meraih Bintang' yang mencapai 49 juta penonton di Youtube. Dibandingkan dengan theme song Asian Games 2014 lalu yakni 'Only One' yang hanya menyentuh angka 3.300.000 penonton.

Siaran Asian Games di VIDIO pun menyerap lebih dari 174 juta views, hingga 1 September.

Data lain turut menjelaskan bahwa nilai rating dari total share seluruh stasiun televisi yang menayangkan opening ceremony mencapai angka 54.8 persen.

"Artinya lebih dari 50 persen rakyat Indonesia menonton Opening Ceremony," ujar Erick bangga.

Selain itu dalam tempo 9 hari, Panitia Pelaksana mencatat ada 109,000 merchandise yang terjual. Selain itu, ada 5 rekor dunia yang dipecahkan. Jumlah pengunjung pada akhir pekan lalu (25-26 Agustus) mencapai 150.000 orang.

"Luar biasa antusiasme masyarakat Indonesia," ucap Erick.

Dalam perhelatan ini, Erick juga bangga akan pencapaian Tim Indonesia yang berhasil memperoleh 31 medali emas, 24 perak, 43 perunggu perolehan tersebut mengukuhkan Indonesia berada di peringkat ke empat dengan total 98 medali. "Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Terima kasih, Asia. Terima kasih, Indonesia," tutup Erick.


foto: Instagram Kemenpora

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler