Ziarah ke Makam Para Leluhur Bandung Yuk!

Bandung - Perjalanan Kota Bandung akan menginjak 208 tahun pada 25 September 2018. Selama itu, Kota Bandung telah dinakhodai oleh banyak pemimpin. Para leluhur tersebut telah mencatatkan sejarah penting bagi kemajuan Kota Bandung di masa kini.

Mengenang jasa para leluhur pemimpin Bandung, yuk kita ziarah ke makam mereka sebagai bentuk penghormatan kepada jasa dan perjuangan para pendiri Kota Bandung. Ada empat lokasi yang menjadi pusat makam leluhur Bandung, yakni di Jalan Dalem Kaum, Jalan Karang Anyar, Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Yang pertama yaitu makam di Jalan Dalem Kaum, tak jauh dari Pendopo Kota Bandung yang merupakan rumah dinas Wali Kota Bandung. Di Makam Dalem Kaum ini terbaring jasad Bupati Bandung ke VI (1794-1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal dengan julukan Dalem Kaum selaku pendiri Kota Bandung.

Yang kedua yaitu Makam Para Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar yang lokasinya tidak jauh dari Dalem Kaum. Di sini jasad makam Bupati Bandung pertama, Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709) berada. Di sini pula terbaring jasad Pahlawan Nasional, Rd. Dewi Sartika.

Yang ketiga, makam di Dayeuh Kolot yang merupakan tempat pemakaman Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah dan Rd. Tumenggung Anggadireja I dimakamkan. Rd. Ardikusumah lebih dikenal dengan nama Demang Timbanganten, sedangkan Rd Tumenggung Anggadireja I diberi julukan Dalem Gordah.

Terakhir di Kabupaten Garut terdapat Makam Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747).

Wali Kota Bandung, Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana hari ini menyempatkan mendatangi makam para leluhur pendiri Kota Bandung. Ziarah ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota ke-208 Kota Bandung pada 25 September.


Foto: dokumentasi Humas Kota Bandung


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler