Gali Ide dan Inovasi Teknologi di Bekraf Habibie Festival

Jakarta - Bekraf Habibie Festival adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh keluarga Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, Ilham A. Habibie yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara ini dibuat untuk mengapresiasi kontribusi BJ Habibie bagi Bangsa Indonesia, terutama di bidang teknologi.

Bekraf Habibie Festival menampilkan karya dan kontribusi yang telah ditorehkan Presiden Ketiga Republik Indonesia ini. Dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 20-23 September 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Pameran teknologi yang mengusung tema "Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru" ini menampilkan berbagai zona, mulai dari Bazaar Inovasi, Makerland, Fin Tech, A to B the Future of Transportasi, Sport Land, Infusion, Future Living, dan Food Fest.

Melansir laman Bekraf.go.id, kegiatan ini pun dijadikan salah satu upaya pengembangan dan sosialisasi mengenai teknologi. Baik teknologi yang sedang dikembangkan maupun membuka informasi peluang pengembangan teknologi baru. Penyelenggara pun tidak hanya berupaya menambah kuantitas peserta namun juga kualitas yang ditampilkan melalui produk dan ide.

Indonesia memiliki potensi yang besar karena memiliki penduduk yang besar dengan berbagai kreativitas. Namun tidak hanya kreatif, tapi juga harus mampu mewujudkan ide kreatif tersebut.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan Bekraf Habibie Festival juga diharapkan dapat menumbuhkan ide dan inovasi baru serta meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk berkompetisi di kancah internasional. Sehingga akan muncul banyak teknologi baru yang mampu memberi pengaruh besar terhadap dunia dan mengajak generasi muda terus bergerak sehingga Indonesia bisa sejajar dengan negara maju

Selain itu, ada juga gerakan bernama 'Berkarya! Indonesia' dengan slogan 'Membudayakan Teknologi'. Semboyan tersebut diusung agar warga Indonesia semakin akrab dengan teknologi dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf, menyampaikan meski Bekraf Habibie Festival di Jakarta telah ditutup tapi pengembangan teknologi terus berlanjut. Apalagi memasuki era 4.0, di mana tidak ada lagi sekat membuat dunia makin kompetitif sehingga pemerintah membuka kesempatan berkompetisi dengan negara lain.

Selain di Kota Jakarta, Bekraf Habibie Festival juga digelar di sejumlah kota di Indonesia, seperti Solo, Batam, Bandung, Surabaya, dan Makassar.



Foto: Bekraf.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler