Uniknya Nama Anak Harimau Koleksi Baru Kebun Binatang Bandung

Bandung - Koleksi Harimau Benggala di Kebun Binatang Bandung (KBB) kini bertambah. Seekor bayi Harimau Benggala lahir pada 22 Agustus 2018 lalu dari pasangan induk Syla dan Sharu Khan. Saat lahir, anak harimau itu memiliki berat 900 gram. Kini, di usia yang sudah 44 hari, beratnya sudah mencapai 3,1 kilogram.

Anak harimau itu dipamerkan pada wartawan dari berbagai media dalam prosesi pemberian nama oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial di Aula KBB, Kamis (4/10/2018).

Nama Donggalah dipilih Oded untuk diberikan pada anak harimau tersebut. Alasannya, ia teringat akan kejadian gempa bumi dan tsunami di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

"Karena harimau ini betina, bukan jantan, saya kasih H di belakangnya, jadi Donggalah," kata Oded.

Dengan nama itu, ia berharap anak harimau itu menjadi pengingat di masa yang akan datang bahwa di Donggala pernah terjadi bencana kelam.

"Nama ini saya sandarkan kepada peristiwa Donggala yang sekarang mendapatkan musibah ini. Mudah-mudahan jadi pengingat kita (agar lebih bersyukur)," jelasnya.

Berita foto: Ini Donggalah, Harimau Benggala Baru di Bandung Zoo

Donggalah sendiri merupakan koleksi harimau kelima di KBB. Selain Syla dan Sharu Khan, dua lainnya adalah Ehsan dan Asmira. Tapi, Donggalah belum akan ditempatkan di ruang pamer karena masih dalam proses perawatan intensif.

'Bocah' harimau itu baru akan dipamerkan saat usianya menjelang satu tahun. Di usia tersebut, Donggalah diperkirakan sudah memiliki kondisi fisik yang bagus dan siap ditempatkan di ruang pamer.

Humas KBB Sulhan Syafi'i mengatakan Syla dan Sharu Khan sebenarnya melahirkan dua anak harimau. Tapi, satu anak dimakan sang induk tak lama setelah dilahirkan karena mengalami kecacatan. Itu merupakan kondisi alamiah.

"Memang sifat hewan karnivora ini kalau melihat kondisi anaknya lemah, dia akan dimakan. Untuk Donggalah, hari ini alhamdulillah dalam kondisi baik," ujar Sulhan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler