Begini Rasanya Berada di Ruang Kendali Kendaraan Tempur TNI

Bandung - Anoa 2 6x6 Amphibious merupakan salah satu kendaraan tempur (ranpur) canggih milik TNI yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero). Kendaraan jenis itu pun pernah dinaiki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyeberangi danau di Markas Besar TNI di Cilangkap pada 2017 lalu.

Bagi TemanBaik yang penasaran dengan ranpur tersebut, kamu bisa datang ke Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alustista) TNI di area Gedung Sate, Kota Bandung, mulai hari ini hingga Minggu (7/10/2018). Kamu bisa melihatnya lebih dekat, bahkan masuk ke dalamnya.

Tapi, bagi TemanBaik yang belum bisa datang ke lokasi, BeritaBaik memberikan gambaran soal ranpur Anoa tersebut. Yuk kita cari tahu!

Sersan Satu TNI dari Pusdik Infanteri Muhammad Ridwan Arifin dengan ramah memandu BeritaBaik untuk mengenal ranpur tersebut. Keunggulan utama dari Anoa itu adalah bisa digunakan di darat dan di air.

Baca juga: TNI Pamer Senjata dan Kendaraan Perang di Hari Ulang Tahun

Saat di darat, Anoa bisa melintasi berbagai medan curam dan terjal dengan mulus. Bahkan saat berada di air, Anoa bisa mengambang seperti layaknya perahu. Di dalam Anoa itu juga terdapat senjata yang mampu memuntahkan peluru kaliber 12,7 milimeter dan 7,6 milimeter. "Kendaraan ini juga tahan terhadap serangan peluru (musuh)," kata Ridwan.

Secara keseluruhan, kendaraan itu bisa memuat hingga 13 orang, dengan rincian tiga kru dan 10 penumpang. Ridwan pun mengajak BeritaBaik untuk melihat bagaimana ruang kendali dari Anoa tersebut dengan terlebih dulu naik ke atas ban berukuran ekstra besar sebagai pijakan.

Di bagian depan, terlihat ada dua kursi, satu untuk sopir, satu lagi untuk kru. Sebelah kiri kursi sopir terdapat tuas kendali untuk melaju di darat, sedangkan di kanannya tuas kendali untuk melaju di air.

Pada bagian depan, terdapat beberapa tombol dengan beragam fungsi, mulai dari untuk mengisi angin agar Anoa bisa melintas di atas air hingga kendali CCTV. Pada bagian atas, terlihat atapnya memiliki pegangan agar bisa dibuka.

Ruang kendali Anoa sendiri cukup panas dan pengap. Tapi, Ridwan mengatakan kondisi itu hanya terjadi saat Anoa dalam keadaan tidak dihidupkan.

"Anoa ini kelebihannya dia memakai AC. Jadi sebenarnya tidak sepanas yang dibayangkan," tuturnya.

Sementara di bagian belakang, terdapat ruang untuk para prajurit. Ruangannya cukup sempit. Tapi, ruangan belakang itu bisa menampung hingga 10 orang, termasuk berbagai peralatan.

Itulah sedikit gambaran soal Anoa, kendaraan canggih milik TNI. Bagi TemanBaik yang penasaran lebih detail soal kendaraan itu, kamu bisa datang ke Pameran Alutsista di area Gedung Sate hingga Minggu mendatang.

Tidak hanya Anoa, TemanBaik juga bisa melihat secara langsung berbagai kendaraan militer, senjata, serta perlengkapan militer lainnya secara lebih dekat. Yuk, ajak keluarga dan teman kamu ke Pameran Alutsista!


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler