Besok di Bandung Hari Tanpa Bayangan Loh, Ini Penjelasannya

Bandung - Hari Tanpa Bayangan akan terjadi di kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi pada Kamis (11/10/2018). Fenomena itu akan terjadi kurang dari satu jam dimulai pada pukul 11.36 WIB.

Dalam kurun waktu kurang dari satu jam itu, TemanBaik tidak akan melihat bayangan sendiri. Begitu juga berbagai benda yang tersinari matahari tak akan ada bayangannya.

Pengamat BMKG Bandung Muhammad Iid mengatakan fenomena Hari Tanpa Bayangan itu bukan hal aneh. Hal itu biasanya terjadi dua kali setahun di berbagai daerah di Indonesia.

Apa yang membuat bayangan tidak bisa terlihat dalam fenomena tersebut? Itu dikarenakan matahari berada tepat di titik 0 derajat atau tepat di atas wilayah yang terkena Hari Tanpa Bayangan. Tapi, TemanBaik tidak perlu khawatir dengan fenomena tersebut. Sebab, tidak ada dampak negatif yang bisa dirasakan.

"Fenomena ini sebenarnya bukan hal baru, seperti misalnya siang hari matahari yang selalu berada di atas," ujar Iid kepada BeritaBaik, Rabu (10/10/2018).

Baca juga: Ini Loh Baju yang Bikin Kita Lebih Nyaman Saat Cuaca Panas

Yang paling terasa saat Hari Tanpa Bayangan terjadi, suhu di kawasan Bandung Raya akan relatif lebih panas dibanding beberapa bulan sebelumnya. Tapi, hal itu juga bukan hal baru. Sebab, saat ini sudah memasuki musim hujan dan matahari bergerak ke arah selatan bumi.

"Seperti kemarin itu suhu (di kawasan Bandung Raya) 33,4 derajat dan itu hal wajar. Setiap suhu pada saat musim hujan di periode Oktober sampai April akan lebih hangat karena matahari berada di selatan. Untuk besok, suhunya 32,6 derajat," jelas Iid.


Foto ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler