Ini Alasan Kenapa 22 Oktober Diperingati Hari Santri Nasional

Jakarta - Kamu tahu enggak TemanBaik, kalau setiap  tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional? Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional disahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada tahun 2015 melalui Keppres Nomor 22 tahun 2015.

Ternyata, ada alasan mengapa tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional. Tanggal 22 Oktober bertepatan dengan resolusi jihad dari Mbah KH. Hasyim Asy’ari, yang merupakan Pahlawan Nasional Indonesia dan pendiri Nahdatul Ulama (NU).

Hari Santri merupakan peringatan peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangannya melawan penjajah. Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 tidak lepas dari semangat jihad yang ditunjukkan oleh para santri.

Melalui akun Instagram Presiden Republik Indonesia @jokowi, ia menuliskan kalau sejarah telah mencatat peran besar para ulama, para kiai, para santri dalam perjuangan kemerdekaan. Mereka juga menjaga NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan selalu memandu ke jalan kebaikan, kebenaran dan kemajuan.

Oleh karena itu, penetapan tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Menjadi santri adalah menjadi Islam yang cinta bangsa, menjadi pribadi muslim yang relijius dan yang berakhlakul karimah sekaligus nasionalis," tulis Jokowi sebagai keterangan foto yang ia unggah di akun Instagramnya. Selamat Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2018! 

Foto: Instagram.com/jokowi


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler