Sikapi Pemberitaan Terkait Kecelakaan Pesawat dengan Bijak

Bandung - Berita jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta–Pangkal Pinang tengah menjadi perbincangan, khususnya di media sosial. Menyikapi pemberitaan yang banyak beredar, alangkah lebih baik untuk lebih bijak dalam mengakses informasi yang bertebaran di internet.

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu antisipasi menyikapi pemberitaan kecelakaan pesawat:

Teliti Kebenarannya
Mudahnya mendapatkan akses informasi membuat kita gampang termakan oleh berita yang beredar. Oleh karena itu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengimbau agar warga net agar tidak sembarangan dalam menyebarkan informasi jika berita tersebut bukan berasal dari sumber terpercaya terkait dengan musibah jatuhnya pesawat.

Tidak Menyebarkan Foto Korban
Untuk menghargai para keluarga korban jatuhnya pesawat, sebaiknya tidak menyebarkan foto-foto korban melalui media apapun, termasuk media sosial. Jika TemanBaik melakukannya, secara tidak langsung malah tidak memiliki rasa empati terhadap para korban.

Bisa Dikenakan Hukuman
Segala aktivitas yang kita lakukan di ruang siber telah diatur dalam UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Jadi, berhati-hatilah dalam menyebarkan informasi. Lebih baik membagikan sesuatu yang bisa memiliki manfaat untuk banyak orang.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler