Wah! Jabar Akan Silangkan Sapi 'Berotot' Belgia dengan Sapi Lokal

Bandung - Pemprov Jabar akan melakukan penyilangan sapi Belgian Blue dengan sapi lokal Jabar yang disebut sapi Pasundan. Tujuannya untuk menghasilkan sapi berkualitas tinggi dengan bobot daging lebih berat dan besar dari saat ini.

Sapi Belgian Blue sendiri dikenal sebagai sapi yang memiliki daging dan otot lebih banyak dari sapi jenis lain. Sepintas, sapi itu terlihat seperti memiliki tubuh dengan otot yang kekar seperti binaragawan.

Sapi itu minim lemak di tubuhnya. Bahkan, perbandingan daging dengan karkasnya mencapai 70:30. Artinya, setelah sapi disembelih serta tersisa daging dan tulang, dagingnya mencapai 70 persen, sedangkan 30 persennya adalah tulang tanpa kepala, kaki, kulit, dan jeroan.

Untuk proyek persilangan itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah mengutus Wagub Uu Ruzhanul Ulum berangkat ke Belgia sejak beberapa hari lalu. Di sana, Uu akan membuka jalan untuk proses persilangan.

"Ada rencana sapi Belgia yang berotot-otot itu kita akan silangkan dengan sapi Pasundan. Sehingga harapannya nanti produksi sapi ini tonasenya jauh meningkat tapi diproduksi lokal, bukan impor," ujar Emil, sapaan akrabnya, di DPRD Jabar, Kota Bandung, Jumat (9/11/2018).

Harapan lebih besarnya, kebutuhan sapi di tingkat lokal nantinya akan bisa terpenuhi secara mandiri oleh sapi produksi asal Jabar. Sehingga, nantinya tidak perlu lagi ada impor daging sapi untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Insya Allah berhasil, mudah-mudahan, sehingga nanti suplai daging sapi bisa terpenuhi secara lokal," ucap Emil.

Sementara selain kerjasama untuk penyilangan sapi, Uu juga membuka celah untuk kerjasama dengan pemerintah Belgia dalam hal lain. Di antaranya ada kerjasama beasiswa S3 dan kerjasama ekonomi.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler