Waspada Jika Temukan Rekahan Tanah!

Bandung - Saat ini sejumlah daerah di Indonesia sudah cukup sering dilanda hujan. Ada yang intensitas dan curah hujannya ringan, sedang, hingga tinggi. Untuk daerah tertentu, saat musim hujan justru rawan terjadi longsor, khususnya daerah perbukitan. Sebab, dampak musim kemarau panjang lalu, tanah yang ada menjadi sangat kering.

Saat terkena air hujan, secara perlahan tanah itu berpotensi merekah atau akan terlihat adanya patahan. Hal itu harus diwaspadai. Sebab, itu jadi salah satu pertanda bahwa longsor berpotensi terjadi di sana.

Bagi warga yang tinggal di area perbukitan, kewaspadaan tinggi jelas harus dimiliki, apalagi saat hujan. Tujuannya agar tidak menjadi korban saat longsor terjadi.

"Bagi warga yang tinggal di bawah bukit atau daerah perbukitan harus lebih ekstra hati-hati, waspada di saat musim penghujan ini," kata Kepala Basarnas Jabar Deden Ridwansyah melalui pesan singkatnya, Rabu (28/11/2018).

Jika menemukan area perbukitan terdapat rekahan atau retakan, sebaiknya anda segera mengambil langkah cepat. Mengungsi ke tempat lebih aman sangat disarankan.

Kondisi perbukitan itu pun sebaiknya dilaporkan ke petugas desa, kelurahan, atau kecamatan setempat. Sehingga, mereka akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak dan mengambil langkah preventif.

"Bila terlihat patahan atau retakan tanah hubungi aparat setempat, laporkan dan cari tempat yang lebih aman (untuk mengungsi)," imbau Deden.

Sementara jika terjadi longsor atau bencana lainnya, anda sebaiknya menghubungi Basarnas Jabar melalui nomor telepon 022 7780437 agar bisa segera ditangani. Pelayanan dari Basarnas pun tidak dipungut biaya alias gratis.


Ilustrasi: Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler