Papua Siapkan Minuman Khusus untuk PON 2020, Mau Tahu?

Bandung - Papua akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang. Sebagai tuan rumah, Papua sedang menyiapkan minuman khusus. TemanBaik mau tahu apa minumannya?

Minuman yang disiapkan adalah jus nanas asli dari Bokondini, Kabupaten Tolikara, Papua. Rencananya, minuman itu akan disajikan untuk para atlet yang berlaga di PON.

Gubernur Papua Lukas Enembe berharap nanas Bokondini itu sudah mulai dipersiapkan dari sekarang. Sehingga, saat pelaksanaan PON, nanas sudah banyak tersedia, termasuk sudah diolah menjadi jus.

"Ini nanas harus diproduksi sebanyaknya, jadi Bupati Tolikara harus bantu untuk pengelolaannya," kata Lukas di laman resmi Pemprov Papua.

Buah nanas Bokondini sendiri kaya akan nutrisi, vitamin, dan beragam kandungan positif lainnya. Buah itu bahkan bisa berbuah tanpa mengenal musim. Karena itu, ia optimistis kebutuhan nanas akan terpenuhi saat PON mendatang.

Jika produksinya melimpah, nanas yang diolah menjadi jus itu diharapkan akan menjadi minuman bagi para tamu, penonton, dan masyarakat umum selama perhelatan PON. Bahkan, jus itu diharapkan akan bisa diekspor.

Pemkab Tolikara sendiri siap mewujudkan Papua menjadi surganya jus nanas Bokondini pada PON 2020. Salah satunya bentuknya adalah melalui dukungan anggaran untuk pengembangan perkebunan nanas.

"Karena arahan Pak Gubernur agar turut menyukseskan PON 2020, makanya untuk kegiatan yang dianggarkan pada APBD 2019 kita lebih banyak arahkan untuk ini (perkebunan nanas). Karena ini akan menjadi minuman favorit para atlet," ujar Bupati Tolikara Usman G Wanimbo.

Foto: Pemprov Papua
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler