Banda Aceh Lakukan Ini untuk Jadi Kota Tahfiz Alquran

Bandung - Pemkot Banda Aceh menginginkan daerahnya menjadi Kota Tahfiz selain Kota Zikir. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dalam waktu dekat akan dikirim 10 hafiz-hafizah (penghapal Alquran) ke Jawa Barat. Mereka terdiri dari lima laki-laki dan lima perempuan.

Mereka akan menimba ilmu di Yayasan Karantina Tahfiz Alquran Nasional di Kuningan, Jawa Barat. Mereka adalah putra-putri terbaik Banda Aceh yang sudah lulus dalam serangkaian tes. Selama berada di Yayasan Karantina Tahfiz Alquran Nasional, 10 orang itu akan mempelajari metode pengajaran penghapalan Alquran. Hal itu kemudian akan diduplikasi.

"Kita akan adopsi metode pengajaran tahfiz di sana untuk kita terapkan di Banda Aceh," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di laman resmi Pemkot Banda Aceh.


Ke depan, pengiriman hafiz-hafizah juga akan dilakukan ke pesantren di daerah lain. Tujuannya sama, mereka akan mempelajari metode pengajaran penghapalan Alquran untuk diterapkan di Banda Aceh.

"Dengan begitu, kita akan punya banyak metode yang nanti dapat kita ramu agar anak-anak Banda Aceh lebih cepat menjadi hafiz-hafizah," jelas Aminullah.

Selama masa pendidikan di luar daerah, biaya dan segala keperluan para tahfiz-tahfizah itu ditanggung Pemkot Banda Aceh. Sebagai timbal balik, mereka sudah berkomitmen mengabdi selama 5 tahun kepada Pemkot Banda Aceh. Mereka juga akan mengajar anak-anak di sana menjadi tahfiz minimal 30 jam dalam sepekan.

Setelah selesai belajar menimba ilmu, para hafiz-hafizah itu akan mengajar anak-anak TPA. Selain itu, mereka akan membagikan metode pengajaran kepada guru-guru TPA se-Banda Aceh. Mereka pun akan menjadi tim sertifikasi tahfiz di sana.

Untuk mendukung Banda Aceh menjadi Kota Tahfiz, Pemkot Banda Aceh juga akan membentuk lembaga pendidikan khusus tahfiz Alquran pada tahun depan. Para tahfiz-tahfizah yang pernah menimba ilmu di daerah lain itu akan turut fokus di sana untuk melatih guru tahfiz se-Banda Aceh.

Dari lembaga itu, diharapkan akan lahir para tahfiz-tahfizah baru di Banda Aceh. Jumlahnya pun diharapkan semakin banyak. Sehingga, mimpi Banda Aceh menjadi Kota Tahfiz diharapkan akan tercapai.




Foto: Pemkot Banda Aceh / www.bandaacehkota.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler