Aplikasi di Kota Bandung Raih Penghargaan Pelayanan Publik 2018

Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan Top 25 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima penghargaan tersebut dan mengaku sangat bersyukur.

Bagi Yana, hal ini menunjukkan kinerja Pemkot Bandung semakin diapresiasi oleh pemerintah dan masyarakat. "Alhamdulillah dapat apresiasi lagi. Aplikasi ini memang berasal dari pemerintah pusat. Tetapi Pemkot Bandung mengembangkannya sehingga semakin user freindly," kata Yana dari rilis yang diterima BeritaBaik.

Penghargaan ini juga terkait dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). LAPOR! adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik yang bersifat dua arah. Lewat aplikasi ini, masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. 

Menurut Yana, melalui LAPOR!, Pemkot Bandung banyak menerima masukan dari masyarakat. Masukan tersebut bisa menjadi salah satu dasar untuk pengambilan keputusan di tingkat pimpinan."LAPOR! Sangat bermanfaat untuk masyarakat dan juga pemerintah. Aplikasi ini menjadi salah satu dasar pengambil kebijakan di Kota Bandung," tutur Yana.

Saat ini, Pemkot Bandung terus menyosialisasikan aplikasi LAPOR! untuk mengetahui saluran yang tepat untuk menyampaikan aspirasinya. Sehingga Pemkot Bandung dapat memperoleh masukan dan membuat keputusan yang tepat.

Penghargaan ini diberikan dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa pada acara Rapat Koordinasi Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan SP4N-Lapor (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional -Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) di Batam, Senin (10/12/2018).  

Sebelumnya, Pemkot Bandung juga meraih penghargaan Piala Anggakara Birawa Top 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas pelayanan pengaduan publik LAPOR! yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. 
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler