Bikin Bangga, Ini Empat Geopark Indonesia yang Diakui UNESCO


Indonesia memiliki banyak kekayaan alam. Di seluruh wilayah Indonesia, dipastikan ada keindahan tersendiri. Tapi, dari berbagai keindahan yang ada, terdapat keindahan alam yang mendapat pengakuan dari UNESCO. Khusus untuk geopark atau taman bumi, dilansir laman www.indonesia.go.id, setidaknya tercatat ada empat lokasi di Indonesia yang diakui UNESCO. Apa saja?

Bandung - 1. Gunung Batur

Gunung ini berlokasi di Kintamani, Bangli, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung api aktif. Gunung Batur menyajikan keindahan berupa kawah, kaldera, dan danau yang sangat memikat. Gunung ini mendapat status Global Geopark Network pada 2012 dari UNESCO.

2. Pegunungan Sewu

Deretan Pegunungan Sewu terbentang di sepanjang Pantai Selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Wonogiri, hingga Kabupaten Tulungagung. Pegunungan ini memiliki batuan kapur serta kawasan karst yang unik dan indah. Kawasan karst di sini merupakan yang terpanjang di Indonesia dan memiliki 40 ribu bukit karst. Pegunungan Sewu ditetapkan sebagai Global Geopark Network dari UNESCO pada 19 September 2015.

3. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh di Pelabuhan Ratu merupakan satu-satunya di Jawa Barat. Kawasan ini memiliki luas 128 ribu hektar. Di dalamnya terdapat lanskap gunung, air terjun, sawah, dan ladang. Status Global Geopark Network didapatkan pada 2015.

4. Gunung Rinjani

Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung tertinggi kedua di Indonesia mendapatkan status Global Geopark Network pada 12 April 2018.




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler