Patut Ditiru! Begini Cara Alumni SMA di Jayapura Mencintai Laut

Jayapura - Para alumni angkatan 99 SMA Negeri II (SMANDA) Kota Jayapura, Papua, menggelar aksi baik pada akhir pekan kemari. Mereka membersihkan sampah di kawasan Pantai Teluk Humbold di Kota Jayapura.

Berbekal alat seadanya hasil swadaya para alumni, mereka menyusuri enam titik di Teluk Humbold, mulai dari ujung Kampung Kayu Pulau sampai Kampung Kayu Batu. Sebanyak 70 kantong sampah plastik berhasil diangkat dari laut dan akhirnya dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Aksi yang dinamakan 'Bebaskan Laut dari Sampah' itu itu dilakukan karena prihatin terhadap kondisi laut sekitar. Sebab, sangat banyak sampah plastik yang berada di sana.

"Sampah ini jika tidak dibersihkan maka bisa berdampak negatif bagi ekosistem laut maupun warga yang tinggal di pesisir. Makanya kami merasa perlu melakukan pembersihan laut ini supaya kita semua bisa terbebas dari efek buruk yang ditimbulkan dari sampah laut," ujar Ketua Kegiatan Edwin Rorey dilansir dari laman resmi Pemprov Papua.

Melalui kegiatan itu, masyarakat diharapkan semakin peduli akan kebersihan laut. Sehingga, diharapkan ke depan tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan, terutama ke laut.

"Intinya dari kegiatan ini kami mengajak semua pihak lebih peduli dengan kelestarian laut dan mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan laut kita," ucap Edwin.

Ketua Alumni Angkatan 99 SMANDA Jayapura Bachtiar Sitinjak berharap aksi yang dilakukannya menjadi contoh bagi masyarakat. Sehingga, pihaknya tidak hanya memberikan imbauan, tapi melakukan aksi nyata.

"Kita harap apa yang sudah kami lakukan saat ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian pantai, juga peduli kepada lingkungan sekitar kita," tutur Bachtiar.


Foto: Dokumentasi Pemprov Papua di laman www.papua.go.id














Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler