Asyik! Fasilitas 4G Hadir di 17 Daerah Pelosok Indonesia Tengah

Bandung - Masyarakat di 17 Kota dan Kabupaten di Indonesia Bagian Tengah, tengah merasakan kebahagiaan nih. Kemarin, Menteri Kominfo Rudiantara baru saja meresmikan jaringan pita lebar untuk mendukung telekomunikasi berbasis 4G.

Sejak 21 Desember 2018, pembangunan proyek Palapa Ring Paket Tengah telah beroperasi secara komersial atau COD (Commercial Operation Date). Dengan hadirnya teknologi baru, TemanBaik yang ada di pelosok diharapkan bisa lebih cepat bertransformasi ke arah digital.

"Dengan beroperasinya Palapa Ring Paket Tengah, 17 kota dan kabupaten di Indonesia Bagian Tengah dapat segera menikmati jaringan pita lebar. Ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan Nawacita ke-3,' ujar Direktur Utama PT Len Telekomunikasi Indonesia R.W. Pantja Gelora kepada BeritaBaik.


Pantja menuturkan, Palapa Ring Paket Tengah menarik minat 23 perusahaan operator telekomunikasi, antara lain Telkom, Telkomsel dan Moratelindo. Terdapat lima ruas yang dua diantaranya tidak terhubung dengan kabel laut. 

Sebagai informasi, projek Palapa Ring Paket Tengah senilai  Rp1,38 triliun ini telah menghubungkan 1.326,22 Km kabel darat, bahkan 1.787,06 Km lebih panjang dari rencana pembangunanan loh. Sarana ini juga melintas di 17 kabupaten di Indonesia Bagian Tengah, seperti  Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. 

"Palapa Ring adalah infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia. Sinergi ini dibangun oleh operator telekomunikasi dan sebagian oleh pemerintah," pungkasnya. 







Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler