Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB, Indonesia Bakal Lakukan Ini

Bandung - Terhitung 1 Januari 2019 ini, Indonesia resmi mengambil peran sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Imdonesia akan menjalani perannya ini sampai 31 Desember 2020 mendatang.

Namun, bukan hanya kali ini saja Indonesia menempati posisi ini. Sebelumnya Indonesia pernah menjabat posisi yang sama pada periode tahun 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB ini sebab Indonesia berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 144 suara dari 193 negara anggota PBB. Walaupun hanya menjadi anggota tidak tetap, tapi Indonesia akan melakukan yang terbaik untuk menjalani tugas ini.

Berikut ini hal-hal yang akan dilakukan oleh Indonesia:

Ambil Bagian Dalam Perumusan Kebijakan
Indonesia akan memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global dengan melakukan budaya habit of dialogue. Hal ini bertujuan agar penyelesaian konflik dapat dilakukan secara damai. Selain itu, Indonesia juga akan berupaya untuk meningkatkan sinergi antara organisasi kawasan dengan Dewan Keamanan PBB dalam menjaga perdamaian dunia.

Berkontribusi di Bidang Perdamaian
Indonesia akan berperan aktif di Dewan Keamanan PBB. Sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia bakal fokus terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penciptaan stabilitas, keamanan, dan perdamaian. Sebab secara tidak langsung, Indonesia dapat memanfaatkan kursinya sebagai anggota tidak tetap untuk mencegah terjadinya perang.

Menanggulangi Isu Terorisme
Indonesia akan memanfaatkan kursi ini untuk melawan terorisme, radikalisme dan ekstrimisme yang terjadi di berbagai belahan dunia. Selain itu, Indonesia juga akan mendorong kemitraan global agar memiliki sinergi antara penciptaan perdamaian dan kegiatan pembangunan yang berkelanjutan.

Memperjuangkan Kemerdekaan Palestina
Indonesia peduli dengan penderitaan Palestina yang terus-terusan dijajah. Untuk itu, Indonesia akan memperjuangkan agar Palestina bisa meraih kemerdekaannya. Indonesia juga bakal terus konsisten meminta Israel untun tidak melulu menjajah Palestina.



Foto: istimewa





Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler