Hilton Sulap Sabun Bekas Jadi Produk Bernilai, Ini Loh Aksinya

Bandung - Sekilas,  sabun batang bekas pakai memang dianggap sampah biasa. Tapi bagi Hilton Hotel Bandung, limbah ini bisa disulap menjadi barang baru yang punya nilai kebaikan loh.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, hotel bintang lima ini bikin aksi seru bertitel 'Soap for Hope'. Menggandeng Diversey, Hilton Bandung pun bisa mengembangkan ide mendaur ulang sabun batang bekas, menjadi produk baru yang higienis. 

"Hilton melanjutkan program daur ulang sabun di 60 hotel yang tersebar di 12 negara Asia Pacific. Kali ini kami ajak anak-anak dari Panti Asuhan SOS Kinderdorf Children's Village Lembang untuk terlibat dalam pembuatan hingga pengemasan. Hasilnya juga disumbangkan untuk mereka," ujar General Manager Hilton Hotel Bandung Kevin Girard kepada BeritaBaik.

Kevin menyebutkan, setiap bulan ia rutin memgumpulkan 30 sampai 40 Kg sabun bekas pakai untuk selanjutnya diproduksi ulang untuk aksi sosial. Tahapannya mudah loh, sabun bekas yang terkumpul tinggal disikat, direndam pada larutan klorin untuk membuang bakterinya kemudian dicetak kembali dan dijemur secara alami.

"Sesuai dengan komitmen penyelamatan lingkungan, pembuatan sabun daur ulang juga mengandalkam tenaga manusia, enggak ada elektrikal. Termasuk pada pencetakan dan pengeringan yang menggunakan sinar matahari selama 12 jam," papar Kevin.

Sebagai info nih TemanBaik, Soap for Hope berlaku di lebih dari sepertiga jumlah Hiton Asia Pacific. Aksi ini berkolaborasi dengan beberapa organisasi seperti Diversey, Soap Cycling, Soap Aid, dan Clean The World. 

Sampai sekarang, property Hilton Asia Pacific telah mendonasikan total 16 ton sabun atau lebih dari 340.000 batang sabun baru buat beberapa komunitas sosial di Asia.


Foto: dok.Hilton
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler