Kelebihan Kepala BNPB Baru di Mata Jokowi, Mau Tahu?

Bandung - Letnan Jenderal TNI Doni Monardo resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Doni dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2018). Tugas berat memimpin BNPB pun langsung berada di bawah komando Doni.

Doni sendiri memiliki berbagai pengalaman. Ia merupakan lulusan Akademi Militer 1985. Sebelum jadi Kepala BNPB, ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Pria kelahiran Kota Cimahi 55 tahun lalu pernah bertugas dan menjabat posisi penting di Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), hingga komando teritorial.

Sosok Doni juga cukup berprestasi. Ia pernah meraih penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Naraya, Bintang Yudha Dharma Naraya, hingga Bintang Jasa Utama.

Presiden Jokowi pun memandang Doni sebagai sosok yang tepat untuk memimpin BNPB. Sebab, Indonesia yang rawan bencana dan dikelilingi Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik), butuh sosok kepemimpinan dan penguasaan lapangan yang kuat.

"Kita harus tahu dan sadar bahwa negara ini dikelilingi oleh ring of fire. Sehingga perlu sebuah manajemen dan kepemimpinan yang kuat untuk mengonsolidasi agar cepat merespon bencana yang ada. Saya lihat Pak Letnan Jenderal Doni Monardo ini orangnya," kata Jokowi dalam siaran persnya.

Usai dilantik, Jokowi menyebut Doni memiliki tugas besar di depan mata. Yang dimaksudnya adalah rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah terdampak bencana, seperti Lombok, Palu, Banten, dan Lampung.

"Saya kira pekerjaan besar bagi Pak Doni Monardo ini masih banyak sekali," ungkap Jokowi.

Selamat bertugas Doni Monardo!


Foto: Biro Pers Setpres
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler