Bikin Bangga! Surabaya Borong 3 Penghargaan Lingkungan Hidup

Jakarta - Kota Surabaya berhasil meraih tiga penghargaan lingkungan hidup dalam satu hari. Tiga penghargaan tersebut adalah Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah dan Nirwasita Tantra. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri LHK Siti Nurbaya pada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Gd. Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Senin (14/01/2019).

Adipura sendiri merupakan salah satu program penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berhasil memimpin wilayahnya menjadi lingkungan yang bersih dan lestari.

Pada penyerahan penghargaan Adipura 2018 kali ini diberikan kepada 146 penerima penghargaan, yang dibagi dalam beberapa kategori yaitu Adipura Kencana (1), Adipura (119), Seritifikat Adipura (10), dan Plakat Adipura (5), serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah (11) kabupaten/kota.

Baca Ini Juga Yuk: Berawal dari Agustusan, 'Karasa' Ajak Bikin Produk dari Limbah

Selain Adipura, Kota Surabaya juga mendapat penghargaan Nirwasita Tantra (Green Leadership). Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah di tingkat provinsi, kota/kabupaten yang mewujudkan kebijakan daerah dan aksi lingkungan hidup sehat bagi seluruh warga. Penghargaan ini diberikan oleh Wapres Jusuf Kalla, kepada tiga Gubernur, enam Wali Kota, dan enam Bupati.

Anugerah Nirwasita Tantra diberikan kepada Kepala Daerah di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten, yang dinilai berhasil menunjukan kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/program kerja. Hal ini sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Selamat untuk Kota Surabaya atas penghargaannya!


Foto: Instagram.com/kementerianLHK

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler