Para Artis Beken yang Kini Total di Dunia Politik

Bandung - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak artis yang mulai terjun ke dunia politik. Mereka bahkan rela meninggalkan dunia keartisannya demi fokus mengabdi kepada masyarakat melalui jalur politik.

BeritaBaik pun mencoba menyajikan beberapa sosok politisi dengan latar belakang artis. Siapa saja mereka?

1. Dede Yusuf
Pria ini memiliki nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi. Karir politiknya dimulai dengan menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Dede kemudian mundur sebagai anggota DPR RI pada 2008. Ia lalu terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 mendampingi Gubernur Ahmad Heryawan.

Pada 2013 ia maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat bersama Lex Laksamana sebagai wakilnya. Tapi, ia saat itu tidak terpilih. Tapi, Dede melanjutkan karir politiknya. Ia kembali terpilhi menjadi anggota DPR RI dengan menggunakan bendera Partai Demokrat sejak 2014 hingga kini.

2. Desy Ratnasari
Perempuan asal Sukabumi ini di tahun dikenal sebagai artis multitalenta dan menjadi artis papan atas sejak 1990-an. Ia punya kemampuan akting, menyanyi, pembawa acara, dan berbagai bakat lainnya. Ia kemudian meninggalkan dunia keartisannya dan fokus di bidang politik. Sejak 2014, ia menjadi anggota DPR RI dari PAN.

Baca Ini Juga Yuk: Kenalan dengan 5 Politikus Muda Indonesia Yuk!

3. Nurul Arifin
Sosok ini merupakan aktris senior di Indonesia. Ia sudah banyak membintangi judul film dan sinetron. Sejak 2004 hingga kini, ia menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Dunia keartisan pun sudah total ditinggalkan Nurul sejak menjadi politisi. Nurul pun sempat berusaha mengabdi ke kampung halamannya dengan menjadi Calon Wali Kota Bandung pada Pilwalkot Bandung 2018. Tapi, ia tidak terpilih.

Nurul sendiri jadi salah seorang berlatarbelakang artis yang punya jabatan strategis di partai. Ia menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar.

4. Ruhut Sitompul
Pria asal Medan, Sumatera Utara ini namanya dikenal publik sejak menjadi pemeran Poltak di sinetron Gerhana. Di dunia politik, Ruhut sudah menjalaninya sejak 1980-an bersama Partai Golkar.

Tapi, karir luhut melejit saat pindah ke Partai Demokrat. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009. Ia pun menjadi salah satu orang penting di Demokrat hingga kini.

5. Rieke Diah Pitaloka
Sosok ini identik dengan tokoh Oneng di serial Bajaj Bajuri di era 2000-an. Tapi, Rieke dikenal sebagai artis multitalenta. Ia mahir berakting, membaca puisi, pembawa acara, serta menjadi penulis.

Karir politik Rieke dimulai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tapi ia kemudian pindah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga kini.

Ia menjadi anggota DPR RI sejak 2009. Pada 2013, ia sempat mencalonkan diri menjadi Calon Gubernur Jawa Barat bersama Teten Masduki sebagai pendampingnya. Tapi, ia tidak terpilih.

Di luar nama-nama itu, ada banyak deretan para politisi dengan latar belakang artis, mulai dari Tantowi Yahya, musisi Anang Hermansyah, Nico Siahaan, Primus Yustisio, Krisna Mukti, hingga Vena Melinda.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler