Berlaku Hari ini, Cek Tarif Tol Batang-Semarang di Sini

Tarif resmi Tol Semarang-Batang mulai diberlakukan per Senin (21/1/2019) ini mulai pukul 00.00 WIB. Hal itu berbarengan dengan berlakunya tarif tujuh ruas Tol Trans Jawa yang baru diresmikan pada 20 Desember 2018 lalu.

Pemberlakuan tarif itu didasarkan pada keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Berapa tarifnya?

Untuk kendaraan golongan satu, tarifnya adalah Rp1.000/kilometer. Bagi kendaraan golongan dua dan tiga, tarifnya Rp1.500/kilometer. Sedangkan bagi kendaraan golongan empat dan lima, tarifnya Rp2.000/kilometer.

"Penetapan keputusan itu melalui pertimbangan yang matang dari Kementerian PUPR," kata Direktur PT Jasa Marga Semarang Batang Arie Irianto di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Salah satu perhitungan yang dilakukan untuk acuan tarif tol itu adalah nilai investasi pembangunan tol. Biaya investasi pembangunan juga jadi bagian pertimbangan.

Tol Semarang-Batang sendiri dilengkapi lima gerbang tol (GT), yaitu GT Kandeman (Batang), dan GT di Kabupaten Kendal yaitu GT Weleri, GT Kendal, serta GT Kaliwungu. Satu lagi yaitu GT Kalikangkung di Kota Semarang.

Besaran tarif pun tergolong terjangkau. Tapi, pengguna tol itu akan menikmati kelancaran arus lalu lintas hingga mempersingkat waktu tempuh.

Sebagai gambaran, jika pengguna tol masuk dari GT Kandeman Batang dan keluar di GT Kalikangkung Kota Semarang, tarifnya Rp75 ribu untuk kendaraan golongan satu. Sedangkan jika masuk dari GT Kendal dengan tujuan Pasekaran (Batang), tarifnya Rp50.500.

"Jadi besarnya tarif berdasarkan jarak tempuh, mulai masuk sampai keluar," ungkap Arie.


Foto ilustrasi dokumen Kementerian PUPR

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler