Hal-hal yang Bikin Debat Capres Kedua Bakal Berbeda, Apa Saja?

Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar rapat bersama perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) dua calon presiden untuk persiapan Debat Capres Kedua, 17 Februari 2019. Rapat yang digelar pada Jumat (25/1/2019) tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, mulai dari nama moderator, perubahan tata letak (layout) debat hingga usulan perubahan susunan acara (rundown).

Lewat laman kpu.go.id, Ketua KPU RI Arief Budiman mengungkapkan hasil kesepakatan terkait nama moderator. Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki dipilih sebagai moderator Debat Capres Kedua. Meski telah dipilih, KPU akan menghubungi dahulu apakah dua orang tersebut bersedia.

"Tapi kami akan menghubungi yang bersangkutan dulu, kalau yang bersangkutan menyatakan bersedia, kalau tidak bersedia maka akan batal usulan tadi yang disepakati," ujar Arief di Ruang Sidang Utama KPU.

Selain perubahan nama moderator, tata letak panggung debat juga akan berbeda dari debat sebelumnya. Jika pada debat pertama pendukung berada di belakang kandidat, pada Debat Capres Kedua, posisi penonton dan pendukung akan ditempatkan di belakang moderator. Hal ini bertujuan agar penonton di rumah bisa fokus dan tidak terganggu pandangannya oleh pendukung di belakang.

Segmen khusus juga akan diberikan moderator pada masing-masing kandidat agar bisa saling menjawab dan menanggapi dalam waktu yang lebih panjang. Segmen tersebut adalah gambar dari televisi penyelenggara yang akan merekam detik-detik persiapan hingga kedatangan dua calon dari kediaman masing-masing menuju lokasi debat.

Pada akhir rapat dilakukan pengundian untuk menentukan urutan penyampai visi dan misi dari para calon presiden. Hasil dari pengundian tersebut, terpilih capres nomor urut 02 yang pertama menyampaikan visi dan misinya dilanjutkan dengan capres nomor urut 01. Urutan ini juga digunakan untuk penyampai pesan penutup (closing statement) debat.

Foto: KPU


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler