Warga Jabar Kini Bayar Pajak Kendaraan Lewat Samsat J'bret

Bandung - bank bjb meningkatkan layanan dengan meluncurkan inovasi layanan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor lewat Samsat J'Bret (Samsat Jawa Barat Ngabret). Peluncuran layanan Samsat J'Bret ini dilaksanakan di Gedung Sate, Senin (28/01/2019).

Ini juga menjadi bagian bjb sebagai penggerak laju Perekonomian Daerah untuk mendukung program peningkatan optimalisasi penerimaan pajak yang salah satunya bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Layanan Samsat J'bret merupakan komitmen Pemprov Jawa Barat khususnya Badan Pendapatan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan bank bjb untuk melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat atau Wajib Pajak secara cepat, tepat, akurat, memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor serta dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dalam hal penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.

"Hal ini sangat berdampak baik dalam transparansi tranksaksi publik untuk mendukung program pemerintah, dan juga membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wajib pajak yang akan melakukan transaksi di Kantor Bersama Samsat, tentunya bank bjb akan terus memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Jawa Barat khususnya nasabah setia bank bjb," ujar Agus Mulyana selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama bank bjb.

Inovasi Samsat J’bret ini akan mempermudah Wajib Pajak karena mereka bisa melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan melalui berbagai saluran yang terhubung dengan bank bjb.

Baca Ini Juga Yuk: Baru di Jabar Nih, Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Mini Market

Peluncuran Samsat J'bret ini dihadiri juga oleh Syafruddin Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Polda Jawa Barat, Deputi Pelayanan Publik, Kapolda Jawa barat, Kakorlantas, Direktur Regident, Kepala Dinas Bappenda Provinsi Jawa Barat, Direktur Utama Jasa Raharja, Oded M. Danial Walikota Bandung, Pangdam Siliwangi, Kepala Kejaksaan Tinggi Bandung, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ketua Komisi 3 DPRD Jawa Barat, Direktur PT. Tokopedia, Direktur PT Bukalapak, Direktur PT. Kaspro, Direktur PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Direktur PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart).

Saat ini terdapat hampir 43 titik Samsat Outlet bank bjb yang tersebar di Wilayah Jawa Barat untuk memberikan kemudahan dan lebih mendekatkan terhadap masayarakat Jawa Barat yang akan melakukan kewajibannya dalam melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Saat ini Wajib Pajak bisa dengan lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan melalui jaringan Kantor (teller) dan Jaringan elektronik (ATM, SMS, dan bjb Digi) serta channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia antara lain : Gerai Modern Channel (Indomaret & Alfamart), ecommerce (Tokopedia dan Bukalapak) Fintech (KASPRO) dan Channel Payment Point Online Bank (PPOB).

Untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan bermotor tahunan, Wajib Pajak tak perlu datang ke Kantor Samsat. Cukup mengakses aplikasi SAMBARA yang dapat diunduh melalui play store. Setelah mengunduh aplikasi SAMBARA, Wajib Pajak melakukan registrasi dengan melakukan input No Pol, NIK dan 5 Digit nomor rangka terakhir yang terdapat pada STNK kendaraan.

Wajib Pajak akan mendapatkan Kode Bayar dan selanjutnya Wajib Pajak dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan Kantor (Teller) dan Jaringan elektronik ( ATM, SMS, dan bjb Digi) serta Channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia antara lain : Gerai Modern
Channel ( Indomaret & Alfamart), ecommerce (Tokopedia dan Bukalapak) Fintech (KASPRO) dan Channel Payment Point Online Bank (PPOB).

Wajib pajak setelah melakukan pembayaran sebagaimana dimaksud diatas, dapat segera melakukan pengesahan STNK di seluruh jaringan Kantor bank bjb (melalui Customer Service) atau di seluruh Unit Lantas Polsek di Jajaran Polda Jawa Barat (saat ini baru tersedia di 44 Polsek di Jawa Barat).


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler