Warga Kompak, Siskamling Sekeburuy Jadi Terbaik Kedua di Bandung

Bandung - Sistem Keamanan Keliling alias Siskamling RW 06 Kampung Sekeburuy Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung meraih penghargaan sebagai Siskamling terbaik kedua se-Kota Bandung. Penghargaan tersebut diberikan Kapolrestabes Bandung, Iman Sugema dan menjadi motivasi bagi warga setempat.

Camat Ujungberung, Taufik mengungkapkan kalau kemenangan tersebut merupakan cerminan kolaborasi apik antara semua elemen masyarakat. Baik dari warga sipil, aparatur kewilayahan hingga aparat keamanan di daerah. "Kami berprogram dengan unsur Muspika (Musawarah Pimpinan Kecamatan). Semua stakeholder ini bekerja sama," ungkap Taufik lewat keterangan tertulis yang diterima BeritaBaik. 


Taufik menjelaskan kalau Siskamling aktif dilaksanakan setiap malam di 48 RW dari 59 RW di Kecamatan Ujungberung. Ada 10 orang yang berkeliling secara bergantian untuk memastikan lingkungan aman dari segala gangguan ketertiban. 

"Ada pengawasnya, dari unsur masyarakat, mereka diberikan surat tugas. Ada juga surat teguran kalau nggak tugas. Setiap Muspika memantau ke tiap pos," imbuhnya. Siskamling telah mampu menjaga lingkungan warga dari hal-hal negatif. Sebab, dengan Siskamling, kagiatan warga terutama di malam hari bisa terpantau dengan baik. 

Poskamling pun dibuat senyaman mungkin oleh warga setempat. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas keamanan sederhana untuk keperluan darurat. "Ada alat pemadam kebakaran, pasir, kentongan, ‘handy talky’. Dan tak lupa, harus ada kopi. Itu kita sediakan. Kalau tidak sambil ngopi kan dingin," ujar taufik seraya berseloroh.



Foto: humas Kota Bandung


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler