Sudah Rekam Data Tapi KTP Belum Jadi? Nih Solusi Ridwan Kamil

Bandung - Saat ini, banyak warga Jawa Barat yang belum mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) meski sudah melakukan perekaman data. Padahal, KTP sangat penting untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai syarat pembuatan beragam dokumen.

Berbagai keluhan itu banyak disampaikan warga melalui akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yaitu @ridwankamil. Sebab, pengaduan dengan cara seperti itu dinilai efektif.

Menanggapi banyaknya keluhan seputar KTP yang belum jadi tersebut, pria yang akrab disapa Emil itu mengambil langkah. Ia membentuk tim khusus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat.

"Untuk memudahkan, kami membentuk tim khusus di Disdukcapil, diketuai Pak Kadisdukcapil (Heri Suherman) untuk menerima keluhan, mengkoordinasikan (dengan pihak terkait)," kata Emil saat ditemui di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (6/2/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Ruginya Tidak Punya KTP, Salah Satunya Tidak Bisa Menikah di KUA!

Proses pengaduannya sendiri mudah kok. TemanBaik tinggal mengisi formulis di bit.ly/ektp_jabar. Setelah laporan disampaikan, tim khusus di Disdukcapil akan segera menindaklanjutinya.

Harapannya, seluruh pengaduan yang disampaikan warga bisa teratasi secepatnya. Sehingga, mereka bisa mendapatkan KTP yang menjadi haknya tanpa menunggu lebih lama lagi.

Emil mengatakan, saat ini kepingan e-KTP atau KTP elektronik sudah tersedia di Kementerian Dalam Negeri. Ia pun sudah meminta agar kepingan e-KTP itu diprioritaskan untuk Jawa Barat yang memiliki penduduk terbanyak di Indonesia.

"Saya sudah cek ke Kementerian, ternyata sudah banyak stok berjuta-juta keping KTP baru. Saya minta ke Pak Direktur (Jenderal Kependudukan) untuk memprioritaskan pemenuhan di Jawa Barat," ungkapnya.

Emil pun menargetkan maksimal pada Maret mendatang tidak ada lagi warga yang tidak memiliki KTP. Sehingga, yang dimiliki oleh mereka bukan KTP sementara berupa kertas.

"Mudah-mudahan sebelum Maret sudah selesai yang sudah daftar-daftar (melakukan perekaman)," harap Emil.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler