Unik Nih! Senyum Jadi Budaya di Madrasah Gorontalo Ini

Gorontalo - Ada yang berbeda dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo dibanding madrasah atau sekolah lain loh TemanBaik. Di sini, senyum menjadi budaya siswa, guru, dan semua yang beraktivitas yang di area madrasah.

Budaya itu dimulai sejak Senin (11/2/2019). Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo Karjianto pun turun langsung agar senyum menjadi kebiasaan sehari-hari di sana.

Karjianto melakukannya dengan cara berdiri di sekitar pintu gerbang madrasah. Ia menyambut para siswa, guru dan yang lainnya untuk tersenyum saat memasuki madrasah. Ia juga menyampaikan kepada mereka bahwa tersenyum adalah sedekah.

"Senyum itu ibadah yang paling mudah dilakukan, tetapi mampu menyempurnakan kemuliaan akhlak seseorang," kata Karjianto di laman resmi Kementerian Agama Gorontalo.

Baca Ini Juga Yuk: Komunitas Pangling, Cukur Rambut Bayar Pakai Senyum

Dengan membudayakan senyum, ia berharap suasana di madrasah menjadi menyenangkan. Sehingga, semua yang beraktivitas di dalamnya bisa melakukan segala sesuatu dengan nyaman.

Selain itu, senyum juga merupakan ajaran dari Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan melalui hadis. Meski senyum adalah hal sederhana, tapi bermanfaat luar biasa, bahkan merupakan ajaran agama.

"Saya berharap kita semua dapat mengamalkan hadist Rasulullah SAW tentang senyum. Hadis ini mengajarkan kita betapa hal kecil yang sering kita anggap remeh dan kita abaikan ternyata memiliki nilai yang berharga dalam pandangan agama Islam," jelas Karjianto.

Keren kan apa yang dilakukan di MTsN 1 Gorontalo ini! Meski sederhana, tapi manfaatnya luar biasa.

TemanBaik, sudah senyum belum hari ini? Yuk, awali hari dengan senyuman untuk orang-orang di sekitar.


Foto: dokumentasi Kemenag Gorontalo


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler