Ini Dia 3 Momen yang Bikin Adem di Debat Capres Kedua

Bandung - Debat calon presiden (capres) antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto baru saja selesai digelar, Minggu (17/2/2019) malam. Ada banyak momen dalam debat capres kedua ini yang akan dibahas dalam beberapa hari ke depan oleh warga baik secara langsung maupun di dunia maya.

Beritabaik pun mencatat 3 momen adem yang terjadi antara capres nomor urut 01 dan 02 ini selama debat berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Momen baik ini pun sungguh sayang jika dilewatkan karena punya pesan positif. Apa saja itu?

1. Cipika-cipiki
Saat debat akan dimulai, kedua capres ini naik ke atas panggung. Keduanya pun langsung saling menghampiri dan tak ragu cipika cipiki alias cium pipi kanan - cium pipi kiri. Mereka juga terlihat akrab dan cair. Senyum pun menghias bibir Jokowi dan Prabowo.

2. Saling Sapa dan Sebut Sahabat
Sebelum debat dimulai, baik Jokowi maupun Prabowo diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misinya. Yang menarik, keduanya saling menyapa dan menyebutkan lawan debatnya di pembuka.

"Saudara sekalian, sahabatku di mana pun engkau berada, majelis yang terhormat, saudara Ir. Joko Widodo yang saya hormati..," kata Prabowo.

Begitu pula dengan Jokowi yang membalasnya dengan menyebut Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai sahabat. "Yang saya hormati Ketua KPU beserta komisioner, Ketua Bawaslu beserta komisioner, dan sahabat baik saya, Bapak Prabowo Subianto," ujar Jokowi.

Sapaan keduanya pun disambut hangat hadirin dengan tepuk tangan.

3. Sepakat dan Enggak Mau Diadu-adu
Jika biasanya warga mendapat sajian keduanya dari kubu berbeda dan kerap beradu, namun di debat capres kedua ini justru ada momen manarik yaitu saat keduanya menyatakan sepakat akan suatu pemikiran.

Dalam sesi pertanyaan dengan tema Lingkungan Hidup, Jokowi menjelaskan bahwa sejak 2015 pemerintah di bawah kepemimpinannya telah bekerjasama dengan KPK dengan melakukan gerakan penyelamatan sumber daya alam. Selain penegakkan hukum Jokowi pun mencontohkan Tambang Bukit Asam di Sumatera yang kini sebagian besar telah dihutankan kembali.

Menanggapi penjelasan itu, Prabowo pun mengatakan bahwa menghadapi para pengusaha atau perusahaan perusak alam harus lebih galak lagi. Waktu yang diberikan masih banyak tersisa, moderator pun mempersilakan Prabowo untuk menambahkan tanggapannya. Disangka, Prabowo bukannya mencecar pernyataan Jokowi namun justru menyatakan dukungannya.

"Sudah cukup, untuk apa bertele-tele lagi. Kami sama ingin berantas perusak lingkungan. Kalau kita tidak berbeda jangan dibikin kita beradu-adu terus dong," tutur Prabowo.

Bagaimana TemanBaik, momen mana yang paling berkesan buat kamu?

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler