Ada Banjir Mendadak Saat Melaju di Jalan? Ini Cara Menghadapinya

Bandung - Sekarang masih hujan kan TemanBaik? Bahkan, belakangan intensitas hujan cukup tinggi di berbagai daerah. Karena hujan yang deras dan saluran air kurang baik, kamu pasti sering atau pernah menemukan genangan air di jalan, kan? Bahkan, tidak menutup kemungkinan jalan yang biasanya aman justru mendadak banjir.

Hati-hati loh TemanBaik! Terutama jika kamu sedang berkendara, baik menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Langkah pertama jika menemukan banjir atau genangan air mendadak di jalan saat berkendara adalah berusaha tetap tenang.

"Jangan panik kalau ada banjir mendadak atau ada genangan air di jalan," ujar Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Sihar Sitinjak kepada BeritaBaik, Senin (18/2/2019).


Selanjutnya, pikirkan apakah kamu akan tetap melaju atau tidak. Jika kamu hapal betul kondisi jalan yang kamu lalui, kamu bisa tetap menembusnya.

Tapi, jika tidak hapal kondisi jalan yang kamu lalui, sebaiknya berhenti dulu dan parkirkan kendaraan di tempat aman. Jika memaksakan diri melaju, bisa saja kamu terjerembab di jalan berlubang yang tidak terlihat karena tertutup genangan air.

"Kalau memang enggak hapal betul kondisi jalannya, jangan diterobos," ucap Sihar.

Sebelum memutuskan menembus genangan air, kamu juga harus pastikan lebih dulu arusnya. Sebab, seringkali di daerah yang memiliki kemiringan tajam, air bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Banyak loh kejadian kendaraan pada akhirnya terseret arus air karena nekat menembusnya, terutama sepeda motor. Jadi, pastikan dulu arusnya aman dilewati atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus memperkirakan apakah genangan air itu akan merendam mesin kendaraanmu atau tidak. Jika air melebihi mesin kendaraan, siap-siap deh kendaraanmu mogok jika tetap menembus genangan!

Sihar mengatakan, pengendara sebaiknya bijak jika menghadapi kondisi seperti itu. Keselamatan jauh lebih penting daripada 'berjudi' dengan nekat menembus genangan air.

Nah, sekarang TemanBaik sudah tahu kan cara yang baik jika menemukan genangan air di jalan saat berkendara? Lebih hati-hati lagi ya, TemanBaik!

Ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler