Kisah Unik Jalan Mastrip di Jember dari Sejarah Tahun 1945

Jember - Di setiap daerah, pasti ada saja nama jalan yang unik atau ganjil, mulai dari yang membuatmu berpikir dua kali atau bahkan hingga terbahak-bahak.

Nah, di Jember, ada salah satu nama jalan yang sepintas tidak akan terdengar aneh. Berada di pusat keramaian wilayah kampus, Jalan Mastrip merupakan salah satu jalan yang sangat familiar oleh masyarakat setempat.

Namun, bila diperhatikan, ada yang sedikit ganjil oleh penamaan ini. Pasalnya, daerah kampus (paling tidak, ada tiga perguruan tinggi berdekatan di wilayah ini, yakni Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember, dan IKIP PGRI Jember) dikelilingi oleh nama-nama geografis: Jalan Riau, Jalan Kalimantan, dan Jalan Riau. Beberapa wilayah sekitarnya pun masih senada, seperti Jalan Tidar, Jalan Danau Toba, Jalan Sumatera, Jalan Bengawan Solo, dan sebagainya.

Jadi, mengapa jalan yang satu ini dinamakan Jalan Mastrip?

Rupanya, nama Mastrip merupakan gabungan dua kata: Mas dan TRIP. 'Mas' merupakan sapaan khas penduduk Jawa kepada laki-laki, sementara 'TRIP' merupakan akronim dari Tentara Republik Indonesia.

TRIP (juga dikenal dengan sebutan EX BRIGADE 17 Tentara Pelajar) sendiri merupakan cikal bakal BKR Pelajar yang dibentuk pada 22 Agustus 1945 silam. Anggota TRIP berusia sangat muda, yakni mulai dari 12 hingga 20 tahun. Tentu, penamaan jalan ini tidak lain untuk mengenang perjuangan yang dilakukan oleh pasukan TRIP Batalyon 4000 pada Agresi Militer I tahun 1947 silam.

Kini, Jalan Mastrip menjadi salah satu area yang cukup ramai. TemanBaik bisa menemukan banyak indekos, kafe, rumah makan, barbershop, lapangan futsal, tempat fotokopi, dan berbagai lainnya yang sangat khas dengan kehidupan ala mahasiswa.

Kalau di wilayah TemanBaik, nama jalan unik apa yang pernah ditemukan?


Sumber gambar: http://infinityknowledges.blogspot.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler