Keren! Jakarta Bakal Punya Pasar Ikan Mirip Tsukiji di Tokyo

Jakarta - Kota Jakarta sebentar lagi akan punya Pasar Ikan Modern (PIM) yang bersih, megah dan keren mirip pasar ikan Tsukiji di Tokyo loh, lokasinya di Muara Baru, Jakarta Utara. Pasar ikan ini rencananya bakal diresmikan oleh pengelolanya, Perum Perindo pada akhir Bulan Februari 2019. 

Pasar ikan ini menempati sebuah bangunan tiga lantai, yang nantinya akan diisi sebanyak 894 lapak ikan. Dulunya, ratusan pedagang tersebut menempati bangunan 1 lantai yang sudah berusia 30 tahun, yang kumuh, kotor dan becek.

Dengan tampilan baru yang mirip Pasar Ikan Tsukiji Tokyo Jepang ini, para pedagang bisa berjualan dengan lebih nyaman. Tidak hanya pedagang, pengunjung juga akan merasa nyaman berada di pasar ini. PIM juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti area food court, tempat ibadah dan area parkir. Selain itu, terdapat juga area pengolahan limbah styrofoam. 


PIM memiliki dua area, yakni basah dan kering. Pada area basah diisi oleh para pedagang yang menggelar lapak sambil memajang ikan-ikan segar. Sementara area kering ditempati dry market yang berisi food court, puluhan kios dan functional hall.

Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai jenis ikan-ikan, seperti ikan tongkol, tuna, cakalang, bandeng, jambal, udang, cumi, gurita hingga sotong. Setiap ikan dapat dibeli dalam jumlah banyak maupun eceran dengan harga yang lebih murah. 

Ada yang unik di pasar ikan yang satu ini, setelah membeli ikan, pengunjung dapat langsung memasaknya di area food court. Cukup serahkan ikan yang telah kamu beli ke penjual food court yang terletak di lantai 3 untuk diolah menjadi menu yang diinginkan. Asyik banget kan?

Pasar Ikan ini nantinya akan buka setiap hari dari pukul 16.00 sampai 00.00. Saat ini, progres pembangunan PIM Muara Baru sudah mencapai 100 persen. Rencananya PIM akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Kamu bisa ajak keluarga untuk berwisata kuliner seafood di tempat ini!

Foto: Kementerian BUMN 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler