Tegas! 4 Kapal Vietnam Ditangkap Karena Mencuri Ikan di Indonesia

Bandung - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali memperlihatkan taringnya nih, TemanBaik. Kementerian di bawah pimpinan Susi Pudjiastuti itu melakukan tindakan tegas terhadap kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Sebanyak empat kapal asing asal Vietnam ditangkap beserta awak kapalnya baru-baru ini. Mereka pun kini harus siap-siap berurusan dengan hukum di Indonesia!

Empat kapal itu diketahui beredar di Perairan Natuna. Mereka mencuri ikan seenaknya. Padahal, kapal asing dilarang memasuki wilayah perairan Indonesia tanpa izin, apalagi melakukan pencurian ikan yang jelas ilegal.

Proses penangkapan pun cukup sulit dilakukan. Sebab, keempat kapal Vietnam itu mendapat kawalan dari dua kapal otoritas Vietnam yang berusaha melindungi dari petugas Indonesia. Tapi, berkat kerja keras petugas di laut lepas, keempat kapal berhasil ditangkap untuk digiring ke Pangkalan TNI Angkatan Laut di Tanjung Pinang, Riau.


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras dalam penangkapan tersebut. Secara khusus, ia mengapresiasi para prajurit TNI AL yang berkontribusi besar dalam tugas itu.

"Perjuangan yang dilakukan rekan-rekan TNI AL ini menunjukkan dan menegaskan pemerintah Indonesia tidak memberi toleransi terhadap pengganggu dan perusak kedaulatan sumber daya perikanan kita," kata Susi dalam konferensi pers di Hotel Prama Grand Preanger, Kota Bandung, Senin (25/2/2019).

Kapal-kapal itu pun akan segera diproses secara hukum. Ujungnya, kapal itu akan ditenggelamkan sebagai efek jera dan jadi contoh menakutkan bagi kapal asing lain yang masih melakukan pencurian perairan di Indonesia.

Susi pun menegaskan tak ada ampun bagi kapal asing pencuri ikan di Indonesia. Tidak ada kompromi atau keringanan bagi para pencuri itu.

"Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo tidak memberikan toleransi atas intervensi dari kapal-kapal ilegal fishing untuk kembali dan mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia," tegasnya.


Susi mengungkap ternyata bukan kali pertama loh kapal-kapal asing asal Vietnam melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Sudah berkali-kali kasus terjadi. Tapi, mereka tak kunjung jera.

Sikap tegas pun akan diambil. Susi akan melayangkan protes ke pemerintah Vietnam atas tindakan kapal-kapal asingnya, termasuk perlindungan yang diberikan otoritas Vietnam terhadap pencurian di perairan Indonesia.

"Kita akan protes melalui Kementerian Luar Negeri. Nanti Bu Retno ( Retno Marsudi Menteri Luar Negeri) yang akan melaksanakan protes secara resmi ke antarnegara (ke pemerintah Vietnam)," jelas Susi.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler