Bener Meriah Kirim 10 Penari ke India, Ada Misi Sejarahnya Loh

Banda Aceh - Pemkab Bener Meriah (Aceh) bakal mengirim 10 penari ke India loh TemanBaik. Mereka akan ikut serta dalam Festival Tari Internasional Negara-negara Anggota Asia Pacifik Broadcasting Union atau ABU International Dance Festival.

ABU merupakan wadah organisasi lembaga penyiar se-Asia Pasifik. Total anggotanya mencapai 257 lembara penyiaran, termasuk LPP RRI dari 57 negara di dunia. Dalam International Dance Festival, ABU bertindak sebagai penyelenggara kegiatan.

Kegiatan itu akan berlangsung 7-9 Maret 2019 di New Delhi, India. Festival itu jadi ajang bagi para penari untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia, khususnya dari dataran tinggi Gayo.

Baca Ini Juga Yuk: Asyik! Sebentar Lagi Ada Festival Budaya Sumut di Medan

Selain itu, ada misi lain yang ingin dicapai loh. Pemkab Bener Meriah ingin menelusuri jejak dan ikatan sejarah rekaman radio perjuangan Radio Rimba Raya saat Agresi Militer Belanda ke-II tahun 1948 hingga 1949.

Radio Rimba Raya sendiri jadi saksi perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Tapi, rekaman seputar perjuangan itu kini berada di All India Radio.

"Rekaman perjuangan itu perlu dimiliki kembali sebagai nilai sejarah bangsa Indonesia, sekaligus (melalui festival itu kita ingin) memperkenalkan kesenian dataran tinggi Gayo di kancah internasional, serta mempererat hubungan negara-negara Asia Pasifik," kata Plt Bupati Bener Meriah Sarkawi di laman resmi Pemprov Aceh.


Foto: dokumentasi Pemprov Aceh

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler