Alasan 8 Maret Diperingati Sebagai Hari Perempuan Internasional

Bandung - Tahukah TemanBaik kalau pada tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional? Ternyata perayaan tersebut bukanlah tanpa alasan loh. Peringatan ini dilakukan setiap tahun sebagai wujud perayaan atas pencapaian para perempuan secara global untuk kesetaraan gender.

Ada kisah tersendiri sebelum pada akhirnya 8 Maret resmi dijadikan sebagai Hari Perempuan Internasional. Waktu itu tepatnya pada tanggal 8 Maret 1857 terjadi sebuah tragedy kekerasan yang dialami oleh sejumlah perempuan di New York, Amerika Serikat. Mereka adalah para buruh tekstik yang tengah melakukan demontrasi karena ingin melawan penindasan akan gaji buruh yang sangat rendah.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Alasan Tanggal 21 Februari Diperingati Jadi Hari Bahasa Ibu

Atas kejadian tersebut, baru lah pada 50 tahun kemudian tepatnya 8 Maret 1907 diresmikan sebagai Hari Perempuan Internasional sebagai bentuk peringatan terhadap kejadian saat tahun 1857 yang lalu.

Adapun Hari Perempuan Internasiona juga sengaja digambarkan dengan warna ungu sebagai simbol perjuangan dari para perempuan.  Tak hanya itu, warna ungu dilambangkan sebagai bentuk keadilan dan martabat perempuan.

Lebih lanjut, pada tahun 1917 Hari Perempuan Internasional juga diresmikan sebagai hari libyr nasional di Rusia, dan mulai dirayakan secara luas oleh negara-negara lainnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru meresmikan Hari Perempuan Internasional sebagai perayaan tahunan pada 1977. Lewat perayaan ini, PBB ingin memperjuangkan hak perempuan dan membantu mewujudkan perdamaian di seluruh dunia.  

Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler