Jangan Sibuk Ambil Foto dan Video Saat Kebakaran!

Bandung - TemanBaik suka memotret atau merekam video momen tertentu enggak, baik untuk koleksi pribadi atau diunggah ke media sosial? Kamu sebaiknya bijak ya!

Salah satu contohnya saat ada kejadian kebakaran di sekitar kamu. Menelepon kantor pemadam kebakaran dan berusaha membantu memadamkan api secepatnya sebaiknya kamu lakukan.

Tapi, hal sebaliknya masih sering terjadi di masyarakat. Saat ada kebakaran, warga kerap berusaha mendekat untuk mengambil foto atau video.

Di saat yang sama, petugas pemadam kebakaran justru terhambat menuju lokasi karena jalannya terhalang oleh warga. Jadi, jika tidak bisa atau tidak mau membantu mengatasi kebakaran, sebaiknya kamu menjauh dari lokasi agar memudahkan petugas ke area kebakaran.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Ferdi Ligaswara mengatakan petugasnya pasti mengupayakan datang ke lokasi kebakaran secepatnya. Tujuannya agar api bisa cepat dipadamkan.

"Petugas pemadam (yang datang ke lokasi) itu dibagi ke dalam beberapa tim. Tim pertama akan fokus secepat mungkin memadamkan api," kata Ferdi dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).

Selain itu, ada juga petugas yang fokus memblokir jalan untuk memudahkan kendaraan Diskar PB ke lokasi kebakaran. Ada juga petugas dengan fokus menertibkan warga yang menghalangi petugas, salah satunya sibuk mendekat untuk memotret dan mengambil video.

Kenapa petugas harus secepat mungkin datang ke lokasi? Selain demi memadamkan api lebih cepat, petugas akan berusaha mengamankan orang hingga barang-barang di dalam bangunan.

"Dalam beberapa kejadian kebakaran, alhamdulillah kita bisa menyelamatkan barang seperti dokumen, uang, sampai perhiasan," ucap Ferdi.

Wakil Komandan Regu Diskar PB Kota Bandung Totoy Yuhasmana mengungkap kendala lain dalam upaya memadamkan 'si jago merah'. Kendalanya adalah jalan yang macet hingga sulitnya masuk ke area kebakaran di permukiman padat dan gang.

Tapi, ia juga memberi perhatian khusus pada warga yang doyang mendokumentasikan kebakaran. "Ketika ada kebakaran, jangan ngambil foto atau video. Sebaiknya segera telepon kami," ucap Totoy.

Sudah tahu kan TemanBaik jika hal sederhana seperti memotret dan mengambil video kebakaran bisa menghambat kerja petugas pemadam kebaran? Jadi, jangan sibuk jadi 'seksi dokumentasi' ya!
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler