Kejar Target 20 Juta Wisman, bjb Ikut Bangun Pariwisata Daerah

Bandung - Tahun 2019 ini Indonesia menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Pendapatan di sektor pariwisata ini memang menggembirakan, dari laporan Travel and Tourism: Power and Performance Report 2018 tercatat sumbangsih pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 58.9 miliar dolar AS atau Rp 839.6 triliun.

Target pendapatan domestik bruto (PDB) di sektor pariwisata pun ikut naik dari sebelumnya 4 persen di tahun 2014 menjadi 8 persen di 2019 ini.

Nah, untuk mendukung target-target di pariwisata ini, Bank bjb terlibat dalam pengembangan pariwisata daerah, khususnya di Jawa Barat. Dukungan tersebut diberikan melalui banyak program termasuk pendanaan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata.

Salah satunya ialah dengan mendukung pembiayaan kredit Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek kepada PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC), sebesar Rp252 miliar sebagai fasilitas Kredit Investasi (KI) Sindikasi.

Jalan tol layang ini berfungsi sebagai jalur alternatif transportasi maupun distribusi arus barang dan jasa, baik menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat, serta guna memecah konsentrasi kemacetan yang sering melanda Tol Cipularang.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang sedang digarap tersebut memiliki panjang sekitar 36 kilometer, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Keberadan tol ini juga diproyeksikan mampu memperlancar arus pelancongan dari Jakarta menuju Bandung yang selalu ramai saban pekan.

bank bjb juga turut terlibat dalam membiayai pembangunan infrastruktur Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) dan airport link Tol Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dalam proyek tersebut, bank bjb menjadi salah satu perbankan yang menyalurkan pembiayaan sindikasi berjangka waktu 15 tahun, sebesar Rp 751,4 miliar dari total Rp 8,889 triliun kepada Lintas Marga Sedaya. Secara detail, sindikasi Rp 711,4 miliar dialokasikan untuk tranche A dan Rp 39,9 miliar untuk tranche B.

Baca Ini Juga Yuk: Bank bjb Bersama Pemprov Jabar Luncurkan 13 Bus Wisata

"Keberadaan Bandara Kertajati ini diharapkan bisa membuka akses pariwisata baru di Jabar selatan dan Timur meliputi kawasan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning) yang selama ini belum tergarap serius," ujar M. As’adi Budiman Senior Vice President dalam rilis yang diterima beritabaik, Rabu (20/3/2019).

Program lainnya, bank bjb rutin menjadi sponsor West Java Marathon yang merupakan salah satu ajang kontes lari terbesar di Jabar. Kontes lari yang juga mengampanyekan sport tourism ini sering menjadi para pelari dan pelancong internasional untuk mengasah kemampuan sekaligus memanjakan diri dengan pesona pariwisata Jabar.

Teranyar, bank bjb ikut meluncurkan 13 unit bus wisata untuk digunakan di berbagai daerah di Jabar. Bus wisata ini diperuntukkan bagi wisatawan untuk mengelilingi kota sehingga wisatawan bisa lebih mudah mengetahui, lokasi terkenal ataupun bersejarah yang dilewatinya.

"Bus wisata mengajak wisatawan tidak hanya mengunjungi daerah wisata karena alamnya yang indah tetapi juga dapat melakukan wisata budaya, wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner, wisata kota tua, wisata museum, dan wisata heritage yang menjadi daya tarik di setiap daerah," katanya.

Dengan dukungan-dukungan itu, diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia termasuk di dalamnya objek-objek wisata di Jawa Barat.


Foto: Dok. Bank bjb


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler