Laboratorium LIPI Bisa Dipakai untuk Tugas Akhir, Ini Caranya!

Bandung - TemanBaik yang saat ini jadi mahasiswa S1 hingga S3, ada kabar baik nih! Laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bisa kamu pakai untuk mendukung penyelesaian tugas akhir kamu. Sebab, Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI belum lama ini meluncurkan portal layanan Thesis Market. Apa sih Thesis Market ini?

Thesis Market adalah layanan bagi mahasiswa untuk memilih topik riset bagi tugas akhirnya, dari skripsi hingga disertasi. Bukan hanya memilih topik, para mahasiswa juga akan mendapat bimbingan langsung loh dari para peneliti di Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Caranya juga mudah kok. Proses pengajuan atau pendaftaran cukup dilakukan secara online melalui laman geotek.lipi.go.id/thesis-market/index.php.

"Mahasiswa memilih topik penelitian lalu melengkapi kelengkapan administrasi untuk kemudian memulai bimbingan," kata Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto dalam keterangan resminya, Senin (1/4/2019).

Selain mendapatkan bimbingan dari peneliti LIPI, mahasiswa yang disetujui bimbingannya juga punya keuntungan lain. Mereka bisa memakai seluruh fasilitas penelitian di laboratorium yang yang dikelola Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI di Bandung.

Masih belum cukup nih, TemanBaik! Peserta bimbingan juga bisa terlibat secara langsung dalam penelitian lapangan bareng para peneliti hebat dari LIPI.

Baca Ini Juga Yuk: Beragam Solusi Peneliti LIPI untuk 'Sembuhkan' Sungai Citarum

"Satu bulan sebelum bimbingan penelitian selesai mereka harus menyelesaikan draft paper riset untuk diterbitkan sebagai jurnal. Status mahasiswa adalah author dan peneliti pembimbingnya sebagai co-author," jelas Eko.

Hal itu akan membuat beban mahasiswa berkurang loh. Sebab, kewajiban publikasi di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan dari kampus akan terpenuhi. Tidak hanya itu, mereka juga akan diberi sertifikat oleh LIPI setelah semua proses penelitiannya selesai. "Kami memberikan sertifikat yang bisa digunakan untuk kepentingan akademis maupun untuk pekerjaan profesional," tutur Eko.

Masih ada lagi nih yang bisa didapatkan para mahasiswa. Tahun ini, LIPI sedang menyiapkan asrama berkapasitas 150 orang untuk menunjang kegiatan penelitian para mahasiswa tersebut.

Ada dua manfaat yang bisa diambil dari Thesis Market itu. Bagi mahasiswa, keuntungan yang didapat sudah jelas kan? Sedangkan bagi LIPI, kewajibannya terpenuhi jika ada mahasiswa yang dibimbing. Sebab, kata Eko, tiap peneliti di satuan kerjanya mendapatkan kewajiban untuk membimbing lima mahasiswa.

"Jika ada 70 peneliti, maka ada proyeksi minimal 350 karya ilmiah tiap tahun. Apalagi mereka punya latar belakang keilmuan beragam. Sehingga kita bisa sama-sama menawarkan solusi yang terbaik dari berbagai sudut pandang," pungkas Eko.



Foto: Infografis Thesis Market (dokumentasi LIPI)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler