Sukses Berburu Tiket Mudik? Simak 4 Trik Ampuh dari KAI

Bandung - Merayakan lebaran di kampung halaman, kayaknya jadi impian semua orang ya. Tapi enggak jarang kita terkendala beberapa hal teknis seperti kehabisan tiket atau telat berburu tanggal favorit. Nah buat TemanBaik yang pengin perburuan tiket sukses, KAI berbagi trik dan tip mendapatkan tiket KA Mudik dan Balik Lebaran 2019. Intip yuk!

Cari Tiket Secara Online
Biar cepat dan praktis, kita belinya secara online saja ya. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket. Kalau TemanBaik gagal mendapatkan tiket di KAI Acces, baiknya pilih online travel agent yang clickers-nya masih sedikit agar peluang mendapatkan tiket masih tinggi.

Sebagai tip, berburu tiket secara online juga harus memilih jam yang kosong ya. Kalau di saat prime time sekitar pukul.24.00 itu biasanya rentan terjadi error karena banyak orang yang berburu di jam yang sama. Rahasianya, kita bisa berselancar sekitar pukul 4.00 - 05.00 subuh ya.

Cari Rute dan Tanggal Alternatif
Jika tiket yang TemanBaik inginkan habis, baiknya cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, bisa memesan jalur Jakarta-Bandung terlebih dulu. Lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak.

Baca Ini Juga Yuk: Tip Bepergian Nyaman Pakai Kereta Api

Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta-Cirebon lalu Cirebon-Solo. Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

Cek Ketersediaan Tiket Secara Berkala
KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan buat penumpang KA. Jadi kalau ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual lagi ke calon pebumpang. Biasanya penjualan bisa langsung automatisasi di seluruh channel penjualan KAI.

Cari Tiket Resmi dari KAI
KAI juga mengimbau buat masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya sih untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang enggak wajar. Jadi jauhi praktik percaloan ya biar TemanBaik tidak dirugikan.


Foto: Kereta Api Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler