Jangan Swafoto di Air Terjun Saat Curah Hujan Lagi Tinggi Ya!

Bandung - Curah hujan dalam beberapa waktu belakangan ini tergolong tinggi nih, TemanBaik. Salah satunya terjadi di wilayah Jawa Barat. Ada hal-hal yang harus diperhatikan nih dalam kondisi curah hujan seperti saat ini. Salah satunya bagi mereka yang beraktivitas di sekitar sungai dan curug atau air terjun.

"Kami mengimbau kepada warga yang beraktivitas di sekitaran sungai maupun curug agar lebih berhati-hati bila debit air naik," ujar Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor, Jumat (12/4/2019).

Jika air tiba-tiba bertambah naik, segera hindari sungai atau air terjun. Jangan sampai tiba-tiba air kembali semakin deras dan membuat TemanBaik celaka ya!

Yang paling penting, jika berada di area air terjun, jangan memaksakan diri beraktivitas, apalagi berswafoto saat debit air naik. Jangan nekat deh daripada swafoto berujung maut.

"Hindari bila air deras tidak seperti biasa, jangan nekat berswafoto di bawah curug," imbau Joshua.

Selain itu, kewaspadaan tinggi harus dilakukan mereka yang tinggal atau beraktivitas di bawah atau sekitar tebing. Sebab, potensi gerakan tanah dan longsor akan sangat tinggi dalam kondisi cuaca seperti saat ini.

"Bila mendapatkan tanda-tanda keretakan tanah atau pergeseran tanah, lapor ke aparat desa atau petugas setempat dan warga diharapkan lebih waspada lagi," tutur Joshua.

Jika kemudian terjadi bencana atau membutuhkan pertolongan darurat di kawasan Jawa Barat, segera hubungi Kantor SAR Bandung di nomor 022-7780437. Bisa juga kamu menghubungi melalui Whatsapp di nomor 081220774022.

TemanBaik, lebih berhati-hati lagi ya. Jaga keselamatan kamu!


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler