Kapal Selam KRI Alugoro-405 Diluncurkan, Ini Keunggulannya

Bandung - Kapal selam buatan anak bangsa baru saja diluncurkan di Dermaga Kapal Selam PT PAL (Persero) Surabaya yaitu KRI Alugoro-405. KRI Alugoro-405 diproduksi menggunakan skema transfer teknologi dengan Korea Selatan yang bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME).

Adapun nama Alugoro  diambil dari nama senjata yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa yaitu Gada. Senjata ini kerap digunakan oleh para para ksatria hingga bangsawan lainnya

KRI Alugoro-405 sendiri menjadi kapal selam ketiga yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut (AL). Sebelumnya TNI AL sudah mempunyai dua kapal selam yaitu KRI Nagapasa-403 yang diluncurkan pada 2017 lalu, dan KRI Ardadedali-404 yang diluncurkan pada 2018.

Kapal selam Alugoro memiliki spesifikasi dengan panjang 61,3 meter yang bisa menempuh kecepatan 21 knot di bawah permukaan air laut. Kapal selam yang satu ini juga mampu berlayar lebih dari 50 hari. Tak hanya itu, KRI Alugoro-405 juga dapat menampung lebih dari 40 kru kapal.

Berbeda dengan KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404, KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama yang dirakit secara lokal di fasilitas yang dimiliki oleh PT PAL Surabaya.

Nantinya KRI Alugoro-405 akan beroperasi secara resmi di seluruh perairan yang ada di Indonesia. 



Sumber foto: koarmada2.tnial.mil.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler