Wah! Ada Tinta Diganti Kunyit dalam Pemilu 2019 di Jabar

Bandung - Ada fakta menarik nih TemanBaik dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Jawa Barat. Salah satu daerah di Kota Cirebon, tepatnya di kawasan Benda Kerep, Kecamatan Harjamukti. Di sana pemilih menggunakan kunyit sebagai tanda seseorang sudah menggunakan hak pilihnya.

Itu jelas berbeda kan dibanding pemilu pada umumnya? Biasanya, mereka yang sudah memilih akan mencelupkan jarinya pada tinta berwarna biru.

"Itu sudah jadi kebiasaan di sana. Dia (pemilih) di sana menggunakan tinta, tapi penandanya menggunakan kunyit," kata anggota KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Kenapa harus memakai kunyit? Itu karena warga di sana berkeyaninan pemakaian tinta khawatir membuat salat mereka tidak sah.

Kunyit dianggap sebagai solusi terbaik. Di satu sisi, warga bisa menggunakan hak pilihnya. Di sisi lain, warganya juga tenang karena penggunaan kunyit dirasa tidak membuat keabsahan salat mereka terganggu.

"Itu sah (penggunaan kunyit). Di sana dari dulu memang begitu, setiap pemilu atau pilkada, selalu menggunakan kunyit," jelas Endun.

Ia sendiri belum tahu persis ada berapa warga yang punya hak pilih di kawasan Benda Kerep. Tapi, yang jelas ada beberapa TPS yang petugasnya menggunakan kunyit untuk menandai mereka yang punya hak pilih.

Sementara secara umum, Pemilu 2019 di Jawa Barat sudah siap digelar. Logistik pun sudah disebarkan ke berbagai lokasi. Saat ini, logistik ada yang sudah sampai di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. Besok, ditargetkan semua logistik sudah tiba di TPS.

Di Jawa Barat sendiri ada 33.276.905 pemilih dengan rincian 16.727.451 laki-laki dan 16.549.454 perempuan. Untuk jumlah TPS, semuanya ada 138.067 titik se-Jawa Barat.

Endun pun mengajak semua warga yang punya hak pilih untuk berbondong-bondong datang ke TPS menyalurkan haknya. "Pemungutan suara sendiri dimulai pukul 07.00-13.00 WIB, jadi ada durasi 6 jam untuk melakukan proses pencoblosan," ucapnya.

TemanBaik, sudah punya pilihan siapa yang akan kamu coblos? Yuk, cari informasi seputar kandidat Pemilu 2019. Masih ada waktu untuk memantapkan hati kan.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler