5 Menteri Perempuan yang Raih Penghargaan Internasional

Bandung - Saat ini, Indonesia memiliki sejumlah sosok menteri perempuan. Kita juga patut berbangga, karena menteri-menteri perempuan tersebut kerap mengukir prestasi. Berikut adalah lima sosok menteri perempuan yang bikin bangga Indonesia dan berhasil menerima penghargaan internasional. 

Sri Mulyani
Sri Mulyani, perempuan yang menjabat sebagai Menteri Keuangan ini adalah menteri perempuan Indonesia yang langganan meraih penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia. Ia dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik tahun 2019 oleh majalah keuangan FinanceAsia pada 2 April lalu. Sebelumnya, FinanceAsia juga telah menobatkan Sri Mulyani sebagai Menkeu terbaik se-Asia Pasifik pada tahun 2017 dan 2018. Mantap ya!

Retno Marsudi
Retno Marsudi adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang menerima penghargaan dari UN Women (Badan PBB Urusan Perempuan). Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas upaya yang telah dilakukan Menlu Retno khususnya untuk memajukan agenda bagi Pembangunan Berkelanjutan 2030 dan juga dalam menangani isu-isu global melalui kemanusiaan dan diplomasi damai.

Khofifah Indar Parawansa
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga pernah meraih penghargaan internasional 'Women of Change' dari International Film Festival For Women, Social Issues and Zero Discrimination (IFFWSZ). Media massa asal Amerika Serikat Bloomberg juga pernah memberikan pujian lewat artikelnya.


Menurut Bloomberg, Khofifah dianggap sebagai simbol kesuksesan perempuan di kancah politik nasional. Pujian tersebut disampaikan Bloomberg lewat artikel yang berjudul 'Worlds Biggest Muslim Country Puts More Women Into Senior Roles'. 

Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikan, Susi Pudjiastuti juga sudah meraih sejumlah penghargaan internasional loh. Salah satunya dari WWF dengan kategori Leaders for a Living Planet dan Benchley Ocean Award atas visi dan kebijakannya dalam pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.

Ia juga berhasil meraih penghargaan dari Benchley Ocean Award. Penghargaan ini diterima Susi di Washington DC dan diserahkan langsung oleh Eva Mazrieva pada Mei 2017. Peter Benchley Ocean Awards sendiri adalah penghargaan maritim tertinggi di dunia. Penghargaan ini sekaligus memiliki dua ketegori yakni mengakui prestasi yang dicapai pembuat kebijakan publik dan juga warga masyarakat yang menyelamatkan laut.

Yohana Yambise
Yohana adalah Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak yang berhasil menerima penghargaan 'Outstanding Alumni 2017' dari Simon Fraser University (SFU) di Kanada. Wanita asal Papua ini menerima penghargaan pada kategori 'Public Service Achievement', yang terpilih dari 150.000 alumni SFU lain dari 141 negara, melalui rangkaian seleksi dari Dewan Direksi Asosiasi Alumni.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Alumni SFU yang memiliki prestasi luar biasa dibidangnya, yang dilakukan secara konsisten dan kerja keras, serta keberanian, inovasi, dan pendekatan efektif serta bermanfaat bagi sebanyak mungkin masyarakat. Keren!


Foto: Istimewa
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler