Cara Sri Mulyani Peringati Hari Kartini

Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata punya cara tersendiri untuk memperingati Hari Kartini. TemanBaik mau tahu apa yang dilakukan Sri Mulyani?

Ia pun menampilkan video kegiatannya dalam memperingati Hari Kartini di akun Intagram @smindrawati. Ia juga mengunggah beberapa foto bersama para Kartini masa kini yang bekerja di Kementerian Keuangan.

"Memperingati Hari Kartini, saya mengadakan dialog dengan pegawai perempuan - Kartini Kementerian Keuangan," kata Sri.

Dialog itu dilakukan dengan para pejabat eselon hingga pegawai generasi milenial yang baru bekerja di Kementerian Keuangan. Yang dibahas adalah mulai dari bagaimana mereka dibesarkan di keluarga masing-masing, bagaimana berkarir, hingga membagi peran sebagai wanita karir sekaligus sebagai anak, ibu, atau istri.


Ada beberapa poin penting atau hikmah dari hasil dialog dengan para Kartini Kementerian Keuangan tersebut. Pertama, peran keluarga, terutama orangtua, sangat menentukan pilihan awal dan kesuksesan belajar dan karir mereka.

Kedua, para Kartini Kementerian Keuangan ingin membangun karir dan keluarga secara seimbang. Itu artinya, meski menjadi wanita karir, mereka sadar betul kodratnya sebagai perempuan yang harus tetap dijalani.

Ketiga, mereka memiliki semangat pantang menyerah yang mengagumkan dalam menghadapi pilihan-pilihan sulit dalam berkarir dan berkeluarga. Keempat, sebagai perempuan, mereka sering harus membuktikan lebih mampu dan lebih pantas untuk menduduki suatu jabatan dibandingkan lelaki.

Kelima, yang tidak kalah penting, peran laki-laki, baik ayah, saudara, maupun suami, sangat menentukan dalam mendorong persamaan kesempatan dan hak serta kemajuan. Sri pun mengungkap sikap respek dan harapan besar terhadap para Kartini Kementerian Keuangan tersebut.

"Berbagai kisah para Kartini Kemenkeu membuat saya kagum. Saya meminta Kartini Kemenkeu harus mampu menggunakan pengalaman mereka untuk dapat menyusun dan mempengaruhi kebijakan nasional yang dapat memahami tantangan dan kebutuhan perempuan, dan menterjemahkan perbedaan gender dalam kebijakan publik sehingga Indonesia menjadi negara yang dapat memberikan kesempatan yang adil dan sama bagi perempuan dan laki-laki," tutur Sri.

Sri mengatakan, perjuangan dan pemikiran Kartini di masa lalu jadi inpirasi bagi para perempuan di Kementerian Keuangan. Menurutnya, Kartini tidak hanya berjuang untuk dirinya sendiri. Kartini justru berjuang untuk perempuan-perempuan lain agar punya hak dan kesempatan maju.

Perjuangan dan pemikiran Kartini pun diharapkan terus tertanam dalam diri para perempuan Indonesia. Semangat Kartini harus tetap terjaga.

"Semangat itulah yang saya lihat dan temui dari para Kartini Kemenkeu, dan saya berharap semangat itu ada di hati dan pikiran seluruh perempuan Indonesia," harap Sri.


Foto: Instagram @smindrawati
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler