Ini Alasan 2 Mei Jadi Hari Pendidikan Nasional

Bandung - Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. TemanBaik sudah tahu belum kenapa alasannya? Pemilihan tanggal ini diambil dari hari kelahiran pahlawan nasional Ki Hadjar Dewantara.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum tahu, Ki Hadjar Dewantara merupakan pahlawan yang dikenal berani dalam menentang kebijakan-kebijakan pemerintah Hindia Belanda. Pada zaman dulu, yang diperbolehkan untuk mengenyam bangku pendidikan hanyalah anak-anak kelahiran Belanda yang notabene adalah orang kaya.

Karena perjuangannya di bidang pendidikan, hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara yang jatuh pada tanggal 2 Mei pun diresmikan sebagai Hari Pendidikan Nasional melalui Keppres No.316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Baca Ini Juga Yuk: 3 Elemen Penting Pendidikan di Mata Ridwan Kamil

Ada salah satu kutipan dari Ki Hadjar Dewantara yang hingga saat ini masih kerap kita temui yakni kalimat 'Tut Wuri Handayani' yang memiliki arti 'di belakang memberikan dorongan'. Kalimat yang satu ini kemudian dijadikan sebagai motto dan slogan pendidikan yang sekaligus jadi landasan dalam memajukan pendidikan di tanah air.

Selain dikenal sebagai pahlawan nasional, Ki Hadjar Dewantara juga pernah bekerja sebagai jurnalis di beberapa surat kabar, di antaranya Midden Java, Sedyotomo, Oetoesan Hindia, De Express, Kaoem Muda, hingga Tjahaja Timoer.

Sebelum pemerintah menetapkan hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan. Selain itu, ia juga mendapat anugerah gelar Doktor Kehormatan Doctor HonorisCausa, Dr. H.C dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1957.


Foto: Kemdikbud.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler