Bikin Milenial Tertarik Bahasa, BASAbali Kenalkan 'Superhero' Ini

Upaya pelestarian bahasa daerah khususnya Bahasa Bali untuk generasi muda terus dilakukan. Kali ini BASAbali Wiki baru saja meluncurkan buku dan karakter prawiren (superhero) putri Bali 'Luh Ayu Manik Mas'.

Karakter ini diluncurkan dalam acara yang digelar di Aula Sadhu Gocara Yayasan Pusat Dwijendra, Denpasar Sabtu (4/5/2019). Menurut Direktur BASAbali Wiki, I Gede Nala Antara hal ini merupakan salah satu upaya menjaga keberlangsungan Bahasa Bali baik secara pendidikan maupun teknologi digital.

"Mengingat Bahasa Bali saat ini yang semakin jarang digunakan oleh masyarakat Bali sendiri, bebagai cara terus kami upayakan," tegas Nala. Sebelumnya, menurut Nala, pihaknya juga sudah masuk dalam halaman Google supaya bisa menerjemahkan ke dalam Bahasa Bali.

Pada kesempatan yang sama Nala menambahkan karakter prawireng yang diluncurkan agar membuat generasi milenial tertarik mempelajari lagi bahasa Bali.

Baca Ini Juga Yuk: BASAbali Wiki, Cara Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Teknologi

Nala menjelaskan, karakter 'Luh Ayu Manik' digambarkan seorang siswi kelas 8 yang supel dan pintar. Anak yatim ini tidak pernah menyangka bahwa tanda lahir berupa siluet naga di pergelangan tangan kanannya dan benang Tri Datu pemberian neneknya memberikan perubahan besar pada dirinya.

Pada situasi mendesak siluet naga dan benang Tri Datu tersebut akan mengeluarkan cahaya yang melingkupi tubuhnya. Setelah berubah menjadi superhero, dia langsung melesat memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

"Dengan hadirnya karakter ini, kami berharap generasi muda Bali memiliki tokoh panutan atau superhero Bali yang tetap menjaga adat, budaya dan tradisi Bali," jelas Nala.

Sementara itu Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menyambut baik apa yang dilakukan oleh BASAbali Wiki dengan meluncurkan buku dan karakter superhero putri Bali. Menurutnya, hal tersebut merupakan cara yang baik dalam menjaga dan melestarikan Bahasa Bali.

"Kita harus bersama-sama menjaga seni, adat dan budaya Bali. Dengan adanya BASAbali Wiki ini, kita berharap khususnya kepada generasi milenial bisa kembali bergairah untuk mempelajari Bahasa Bali. Saya menyambut baik apa yang dilakukan oleh BASAbali Wiki sebagai wujud nyata dalam pelestarian budaya, adat Bali," ungkapnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler