Keren! Di Bandung Ada Gerakan #sedekahkerudung Nih, Ikutan Yuk!

Bandung - TemanBaik yang berhijab tentu punya banyak kerudung di rumah. Bahkan mungkin jilbab dan kerudung yang dimiliki hingga menumpuk. Padahal yang dipakai biasanya yang itu-itu saja. Seringkali ingin memberikan kerudung lama pada yang membutuhkan tapi tak sempat atau tak tahu harus salurkan pada siapa.

Nah, ada kelompok pertemanan di Bandung pun menggagas sebuah aksi baik melalui gerakan #sedekahkerudung melalui media sosial instagram. Tak disangka, gerakan yang baru saja dimulai pada awal Ramadan ini direspon begitu baik oleh warganet.

"Karena kondisi kerudung numpuk tapi enggak tau mau dikemanakan itu sepertinya banyak dialami. Kami memfasilitasi saja, dengan bikin kegiatan menghimpun kerudung untuk diberikan pada yang lebih membutuhkan supaya lebih manfaat," ujar Fajar Firdaus Adiparta salah satu penggagas #sedekahkerudung saat berbincang dengan beritabaik.id Jumat (10/05/2019).

Akun Instagram @sedekahkerudung pun dibuat dan dipakai sebagai media informasi aksi ini. Baru lima hari berjalan pengikutnya sudah lebih dari 1000. Banyak yang merespon kegiatan ini. Ratusan kerudung sudah terkumpul.

TemanBaik yang ingin ikut berpartisipasi, bisa mengikuti informasinya lewat media sosial. Mau jadi donatur yang memberikan sumbangan kerudung atau relawan yang mengumpulkan kerudung dari orang-orang terdekat.

"Kami ingin mengajak teman-teman yang berlebih untuk menyumbangkan kerudungnya. Boleh baru atau bekas, yang penting layak pakai," kata PNS Pemkot Cimahi ini.


Tak disangka, gerakan yang awalnya hanya menyasar wilayah Bandung Raya ini ternyata merambah ke kota lainnya. Ada relawan dari Kota Jakarta, Tangerang, bahkan Sidoarjo yang juga ikut berpartisipasi.

Nantinya kerudung yang terkumpul ini akan diberikan pada mereka yang membutuhkan. Sasaran pemberian kerudung ini sudah didata. Rencananya akan diberikan ke sekolah-sekolah, pesantren, dan tempat lainnya.

"Sebelum diberikan pada yang lebih butuh. Kerudung-kerudung ini akan kami cuci lalu dikemas dulu sehingga yang menerima akan lebih senang," tutur Fajar.

Fajar belum menghitung jumlah kerudung yang masuk. Namun ia menargetkan sebanyak 1.000 kerudung bisa terkumpul pada 10 hari pertama puasa ini. Rencananya distribusi #sedekahkerudung ini akan dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan.

Untuk pengemasannya sendiri, sudah ada donatur yang mau menyediakan dengan label #sedekahkerudung loh.

Tunggu apalagi TemanBaik, ayo ikutan aksi baik ini!
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler