Asyik! Mulai Besok, Tarif Batas Atas Pesawat Turun Loh

Bandung - TemanBaik merasa enggak jika naik pesawat saat ini mahal. Bahkan, hal itu terjadi sejak tahun lalu. Tapi, ada kabar baik nih, khususnya buat kamu yang sering menggunakan pesawat. Mulai besok, Rabu (15/5/2019), tarif batas atas tiket pesawat akan turun loh di kisaran 12-16 persen.

Penurunan tarif itu adalah untuk mengurangi beban konsumen. Sebab, tarif pesawat selama ini cukup mahal. Penurunan tarif itu akan diberlakukan para rute 'gemuk' di daerah Jawa serta penerbangan ke Jayapura.

Tarif batas atas itu akan jadi patokan maskapai dalam menentukan harga tiket. Intinya, tarif batas atas adalah tarif tertinggi.

Tingginya tarif pesawat penumpang udara di Indonesia terjadi sejak akhir 2018. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan harga bahan bakar pesawat, yaitu avtur. Untuk menyiasati mahalnya avtur, akhirnya para maskapai menaikkan harga tiket.

Baca Ini juga Yuk: Terminal Khusus Penerbangan Murah Siap Beroperasi Mei 2019

Penurunan tarif batas atas yang berlaku besok pun diharapkan jadi solusi terbaik, baik bagi konsumen maupun pihak maskapai. Tapi, ke depan hasil dari penurunan tarif itu bakal dievaluasi untuk kebaikan bersama.

"Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution di laman resmi Sekretariat Kabinet Indonesia.

Ia pun berharap ada sinergi antara berbagai pihak terkait untuk mengevaluasi industri penerbangan nasional secara berkala. Sehingga, potensi masalah atau isu dapat diidentifikasi dan diatasi lebih awal.

"Dengan demikian, kondisi industri penerbangan, khususnya pada pelayanan penumpang udara, dapat berjalan dengan lebih baik dan stabil," tutur Darmin.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler