Yuk Mengenang Jejak Sukarno di Ende Lewat Festival Budaya Ini

Bandung - Gelaran bertajuk Festival Parade Pesona Kebangsaan (FPPK) bakal digelar pada 29 Mei-1 Juni 2019 di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Festival ini sekaligus jadi momentum penting bagi Kabupaten Ende untuk mengenangnya sebagai daerah sejarah tempat lahirnya nilai-nilai Pancasila.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani mengatakan Festival Parade Pesona Kebangsaan diadakan dengan tujuan membangkitkan kembali semangat nasionalisme dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan.

"Selain mempromosikan destinasi wisata di wilayah itu, FPPK juga digelar untuk menilik jejak sejarah Bung Karno dan memperkuat citra Kabupaten Ende sebagai daerah lahirnya Pancasila," katanya di laman kemenpar.go.id.

Baca Ini Juga Yuk: Bung Karno, Bapak Proklamasi Kaya Inspirasi

Ricky juga menjelaskan jika FPPK juga jadi ajang untuk mempromosikan produk unggulan daerah kepada para pengunjung dan investor, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga nantinya diharapkan bisa mendorong minat investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Ende.

"Kita ingin mewariskan dan mempertahankan nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat yang sudah hidup lama dan berkembang di tanah air," jelasnya.

Festival Parade Pesona Kebangsaan akan diisi oleh berbagai kegiatan menarik, seperti Lomba Etnik, Pagelaran Budaya Nusantara, Pelayaran Nusantara, Parade Darat, dan Festival Kopi.

Adapun yang tak kalah menarik, akan ada juga Ende Culture Expo yang menampilkan kerajinan tangan seperti tenun ikat, hiasan dinding, topi, aneka busana, dan lain-lain yang dijual dengan harga yang terjangkau.


Foto: Dok. Kemenpar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler