Jangan Lupa, Mudik Lewat Jalan Tol Wajib Pakai e-Toll

Bandung - Bagi TemanBaik yang akan mudik menggunakan jalan tol, sebaiknya siapkan e-Toll atau kartu elektronik untuk membayar biaya tol ya. Isi saldonya dengan jumlah yang diperkirakan akan cukup dari titik awal sampai akhir tujuanmu di jalan tol.

Itu karena ada perbedaan dalam arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini dibanding tahun lalu. Tahun ini, pembayaran biaya tol 100 persen menggunakan e-Toll. Sedangkan tahun lalu masih ada yang melakukan pembayaran secara manual.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan saldo e-Toll sebaiknya diisi sekaligus daripada 'dicicil'. Hal itu akan membuat perjalanan lebih nyaman tanpa harus berhenti di tempat tertentu untuk mengisi saldo.

"Jadi, sebelum masuk ke jalan tol, isi e-Toll dengan nominal yang cukup," kata Hery dalam kegiatan Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).


Biasanya, salah satu lokasi favorit untuk mengisi saldo e-Toll adalah rest area di jalan tol. Saat arus mudik dan balik nanti, mengisi saldo e-Toll di area perisirahatan diprediksi akan sangat ramai. Sehingga, kamu wajib antre dulu dengan waktu yang tidak bisa dipastikan.

"Jangan sampai lupa, jangan mengisi seadanya, itu akan jadi hambatan untuk sendiri (dalam perjalanan mudik)," jelas Hery.

Selain menghambat diri sendiri, e-Toll yang tidak mencukupi juga akan berdampak untuk pengendara lain. Bayangkan kamu tertahan di pintu tol gara-gara pintu tidak terbuka akibat e-Toll tidak cukup. Pasti bikin kesel diri sendiri deh. Orang lain bahkan akan lebih kesal karena perjalanan mereka terhambat oleh kamu.

Foto: Oris Riswan Budiana
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler