75 Area Peristirahatan Disiapkan PUPR di Ruas Tol Trans Jawa

Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan 75 area peristirahatan alias rest area di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Area peristirahatan ini bakal dihadirkan di setiap 20 kilometer jalan tol.

Rencananya akan ada sebanyak 32 rest area tipe A. Tipe ini dilengkapi dengan toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk. Ada juga ATM, musala, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, taman hingga klinik.

Ada juga 22 rest area yang masuk dalam kategori tipe B. Rest area tipe B dilengkapi dengan fasilitas yang hampir sama dengan tipe A, yakni toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, musala, warung, taman dan restoran.

Sementara 21 rest area sisanya merupakan kategori tipe C. Tipe ini hanya dilengkapi dengan toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, musala dan warung atau kios. Kategori tipe C merupakan rest area yang hanya dioperasikan pada masa libur panjang. Seperti libur hari raya (Idul Fitri/Natal) dan tahun baru.

Enggak hanya di Trans Jawa, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga menyiapkan 11 rest area sementara di jalan tol Trans Sumatera yang saat ini telah beroperasi baik secara operasional maupun fungsional. 

2 di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, 4 di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, serta 5 di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Saat ini, persiapan penyediaan rest area di ruas tol Trans Jawa telah mencapai 95 persen.

Foto: Dokumentasi Kementerian PUPR
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler